Jateng Fair, Diharapkan Sedot Banyak Wisatawan

0
48

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Jateng Fair, di PRPP yang berlangsung pada 28 Juni 2019 sampai 14 Juli 2019 mendatang diharapkan akan semarak dan mengundang wisatawan dalam dan luar negeri.

Mengusung tema “Glorius Borobudur” perayaan Jateng Fair 2019 di Kawasan PRPP Semarang Jateng tampil beda. Beberapa penampilan kebudayaan sungguhkan dalam pembukaan Jateng Fair yang secara langsung telah dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat, (28/6) malam.

Hadir dalam acara itu dari berbagai perwakilan pemerintah daerah beserta pejabat yang terlibat kerja sama untuk mengembangkan event wisata. Sebelum pembukaan para tamu dihibur dengan musik dan tarian daerah yang selama ini diminati para wisatawan mancanegara.

Ganjar Pranowo dalam sambutanya menyampaikan, jika datang ke Borobudur tidak cukup hanya sekadar datang berswa foto dan naik turun di Candi Borobudur. Namun, diharapkan Borobudur banyak event yang masuk dan diumumkan secara internasional. Termasuk tidak lama lagi akan ada konser besar dan akan merajut pariwisata yang nantinya ditampilkan.

“Sebentar lagi Borobudur Maraton akan menjadi the best maraton di Indonesia, sehingga banyak daya tarik yang akan di capai. Kami ingin mencoba Borobudur Marathon menjadi the best marathon dan ternyata peminatnya sangat luar biasa. Sebab tempatnya menarik dan luas,” ujar Ganjar.

Hanya perlu dukungan dari Sekda pada tahun depan Borobudur Marathon bisa menjadi event yang ditunggu oleh seluruh pelari dunia. “Termasuk mulai hari ini sudah mulai bisa dihitung berapa lebar jalan dan berapa rute tersbut disiapkan. Termasuk ciri khas dari masyarakat mereka terlibat dalam kesenian, kuliner dan kebudayaan,” tambahnya.

Hal juga disampaikan terkait tema Jateng Fair, sebenarnya glorius borobudur bisa didorong dengan banyak event untuk menarik wisatawan internasional. Termasuk event religi, maka penataan pariwisata bisa didorong. Selain itu terdapat kekayaan Jateng yang dimiliki.

“Misal Batang sudah memiliki pabrik coklat. Kami menginginkan di Jateng harus ada pabrik coklat, sehingga ketika ada wisatawan datang di Jateng terdapat coklat tersebar di berbagai daerah. Termasuk Dubes Indonesia meminta dibantu membantu membangun pabrik pertanian di Batang. Maka nantinya SMK di Jateng akan dibuat kurikulum dari Jerman dan Jateng sudah melakukan kerja sama dengan Jerman,” harapnyam

Ganjar juga menyampaikan info menarik dan terbaru untuk membangun PRPP dijadikan sebagai tempat event terbaik. Sehingga, diharapkan menjadi tempat bergengsi dalam sejarah. Sebab exibition terbesar dalam sejarah dunia terjadi pada masa belanda dan itu ada di Semarang.

“Maka hari ini mencoba untuk mengulang sejarah itu dan akan dipersiapkan membutuhkan bantuan dari pemerintah kota yang hadir mumpung bisa ketemu dengan masyarakat Jateng dalam event Jateng Fair,” imbuhnya.

Termasuk Prisiden Jokowi berharap bahwa Jateng bisa menjadi investasi menarik. Jawa tengah dalam konteks investasi tidak bisa tertandingi dengan tetangga sebelah. Artinya Jateng dalam hal investasi sedang bertanding dengan Dunia lain atau negara lain. Karena dari seluruh kompetirif yang dimiliki Jateng. Jateng bisa kompetisi dengan vietnam, bangladesh, pakistan. Ternyata yang dapat kompetisi adalah Jateng.

“Berharap Jateng dapat mengalami pertumbuhan ekonomi tujuh persen. Maka seluruh stakeholder perlu gotong royong dan Jateng butuh Rp 470 trilyun. Maka perlu bersinergi,” ungkapnya.

Sementara itu, Titah Listiorini, Direktur PRPP Jateng menambahkan, pesta rakyat Jateng ini akan berlangsung pada 28 Juni 2019 sampai 14 Juli 2019 mendatang. Ditambahkan kegiatan pesta rakyat Jateng Fair ini berpotensi menjadi sarana promosi pembangunan di bidang usaha perdagangan, perindustrian, kerajinan rakyat dan juga mengangkat produk pariwisata unggulan Jawa Tengah. Selain tentunya sebagai sarana hiburan dan rekreasi keluarga.

Istimewanya lagi, kata dia, akan banyak atraksi menarik mengenai panorama dan budaya daerah sekitar Desa Wisata Borobudur.

“Pada tahun ini ada penambahan wahana baru yang tentunya diharapkan akan menarik pengunjung pada musim libur sekolah saat ini. Juga akan ada arena Futuria yang hadir sebagai terobosan karya seni digital interaktif/instalasi seni digital persembahan Telkomsigma. Ini sebagai salah satu terobosan dan kolaborasi berbagai perangkat otomasi berbasis teknologi 4.0

Selama tujuh belas hari pelaksanaan Jateng Fair 2019 ini, pengunjung dapat hadir dan meramaikan kegiatan ini dengan harga tiket sebesar Rp 15.000 (Senin-Kamis) dan Rp.20.000 (Jumat-Sabtu). Ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here