Pinggiran kali Comal, Pemalang yang disulap menjadi tempat ngopi dan nongkrong. Foto: wing

PEMALANG (Jatengdaily.com) -Seorang warga Desa Wangkelang Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang, menumpahlan ide kreatifnya dengan memanfaatkan bantaran kali atau sungai Comal di desanya, sebagai tempat untuk santai dengan dibuat taman bunga dan tempat ngopi yang nyaman.

Bantaran Kali Comal tersebut disulap jadi tempat nongkrong, dengan bangunan kayu unik yang namakan Rumah Dupon. Basri Mahfud, warga yang memiliki kreatifitas dalam memanfaatkan bantaran kali tersebut mengatakan, awalnya lahan disini memang tidak terawat, sehingga timbul pemikiran untuk menjaga lingkungan sekitar kali, dengan memanfaatkan lahan dipinggir kali. “Rumah dupon ini juga dikenal sebagai Pikaco atau pinggiran kali comal, yang teduh,nyaman dan adem ” katanya.

Saat ini Pikaco yang berkonsep warung kopi sudah mulai dikenal bahkan ramai dikunjungi oleh warga, dan paling ramai pada hari libur. Karena berada dibantaran kali, tempat ngopi tersebut juga sangat adem dan asri, dengan pemandangan sungai yang alami dan suara aliran air yang gemericik. Lokasinya persis dibawah jembatan, yang merupakan perbatasan Desa Kecepit Kecamatan Randudongkal, dan Desa Wangkelang Kecamatan Moga. “Bantaran ini kebetulan punya lahan luas, sehingga pemanfaatanya bisa maksimal sebagai tempat nongkrong ” imbuhnya.

Menurut Sodi, salah satu warga Tegal yang sedang santai di Pikaco menyampaikan, disini sangat nyaman sangat alami jadi betah untuk berlama lama dengan secangkir kopi sambil menikmati suasana sore. Walaupun dibantaran kali namun karena terawat dengan baik dan dijaga kebersihanya, membuat tempat ini cocok untuk nongkrong dan bersantai menghabiskan waktu bersama teman teman sepulang kerja, “ungkapnya. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here