Anggota DPRD Semarang Dilantik Besok, 33 Petahana, 17 Orang Wajah Baru

0
94
Calon anggota DPRD Kota Semarang melakukan geladi bersih menjelang pelantikan Rabu besok. Foto: ugl

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Rabu (14/8) besok 50 anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024 akan diambil sumpah dan dilantik menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Semarang. Sebelum dilantik, calon anggota dewan melakukan geladi bersih.

Geladi bersih calon anggota DPRD Kota Semarang ditandai dengan pelepasan jabatan Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014 – 2019, dan penyerahan palu dan buku memori dari pimpinan lama ke ketua DPRD sementara.

Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014 -2019 H Supriyadi (PDI Perjuangan) didampingi wakil ketua DPRD kota Semarang Joko Santoso (Gerinda), Wiwin Subiyono (Demokrat) dan Agung Budi Margono (PKS).

Geladi bersih menyambut acara pelantikan anggota DPRD Kota Semarang periode 5 tahun mendatang 2019 – 2024 juga diperagakan pengambilan sumpah jabatan yang merupakan tanggung jawab untuk menjaga NKRI dan Pancasila.

Selanjutnya, peserta masing- masing didampingi istri atau suami berjajar menyambut ucapan selamat yang akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah dan walikota, serta pejabat dan tamu undangan.

Panitia geladi bersih juga mengumumkan bahwa peserta pelantikan tanggal 14 Agustus, peserta anggota DPRD Semarang, bagi putra wajib mengenakan baju lengan panjang warna putih dan mengenakan dasi warna merah dan celana hitam.

Sementara peserta anggota DPRD kota Semarang yang perempuan wajib mengenakan pakaian nasional, hal ini terkait dengan peringatan Kemerdekaan RI. Sebanyak 50 personel itu diambil sumpahnya di Ruang Paripurna DPRD Kota Semarang di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Semarang.

Komposisi jumlah anggota dewan tersebut terdiri atas 33 anggota dewan petahana dan 17 nama baru yang akan dilantik. Mereka menjadi wakil rakyat di Kota Semarang untuk periode 2019 hingga 2024. Proses pelantikan ditetapkan dengan SK Gubernur Jawa Tengah.

Sekretaris DPRD Kota Semarang Eko Cahyono mengatakan, SK gubernur sedang dipersiapkan, saat ini 50 anggota terpilih masih melakukan gladi bersih, terkahir tanggal 12 Agustus sebagai persiapan terakhir sebelum dilantik.

Terkait bakal siapa yang menjadi pimpinan parlemen di DPRD Kota Semarang, sesuai mekanisme, Eko menyebut akan dipilih berdasarkan perolehan suara partai terbanyak sebagai pimpinan dan tiga wakil pimpinan juga diisi tiga partai dengan suara sebanyak.

“Partai dengan perolehan suara terbanyak akan menduduki pimpinan dewan, didampingi tiga wakil pimpinan dari tiga partai suara terbanyak berikutnya,” katanya.

Namun begitu, sebelum ditentukan siapa saja nama-nama pimpinan dan wakil pimpinan. Terlebih dahulu akan dipilih pimpinan sementara yang ditunjuk oleh dua partai peroleh suara terbanyak, usai pelantikan 50 caleg terpilih tersebut.

“Pimpinan sementara masih menunggu jawaban dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dua partai yakni PDIP dan Gerindra,” tambahnya.

Seperti kita ketahui, berdasarkan perolehan kursi suara di Pileg 2019, PDIP mendapat 19 kursi, disusul Partai Gerindra, PKS dan Demokrat mendapat enam jatah kursi parlemen DPRD Kota Semarang. Dipastikan empat partai itu akan menempati pimpinan dan para wakilnya.

Pimpinan keempat partai tersebut PDIP, Gerindra, PKS, dan Demokrat masih enggan menyebutkan nama-nama yang bakal mengisi pimpinan dan wakil pimpinan DPRD terbaru. Belum ada rekomendasi dari DPD dan DPP menjadi alasan belum bisa memberikan keterangan. Ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here