Bupati Jepara Dituntut 4 Tahun, Hakim Lasito 5 Tahun

0
104
Ilustrasi perkara korupsi.

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi dituntut hukuman empat tahun penjara dalam kasus dugaan suap terhadap hakim PN Semarang. Sedangkan Lasito, hakim penerima suap dituntut lima tahun penjara.

Jaksa juga menuntut terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp 500 juta. Jika denda tidak dibayarkan maka akan diganti dengan kurungan selama 6 bulan.

Demikian tuntutan Jaksa Penuntut Umum Gina Saraswati dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (13/8/2019). Menurut jaksa, Marzuqi terbukti memberikan Rp 500 juta dan 16 ribu dolar AS kepada hakim PN Semarang Lasito agar permohonan praperadilan tentang penetapan tersangka atas dirinya dibatalkan.

Sementara itu hakim Lasito dituntut 5 tahun penjara dalam kasus dugaan suap dari Bupati Jepara Ahmad Marzuqi tersebut. Jaksa Penuntut Umum Gina Saraswati juga menuntut terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp 700 juta yang jika tidak dibayarkan maka akan diganti dengan kurungan selama 6 bulan.

Dalam perkara tersebut, terdakwa terbukti menerima Rp500 juta dan 16 ribu dolar AS dari Bupati Jepara melalui orang suruhannya. Uang suap yang sudah disepakati besarannya tersebut selanjutnya diserahkan di rumah Lasito di Laweyan, Solo pada 12 November 2018. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here