DPRD Kabupaten Semarang Diminta Dukung Program Pemprov

0
68
50 anggota DPRD Kabupaten Semarang masa bakti 2019-2024 mengucapkan sumpah janji dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Semarang, Selasa (13/8/2019). Foto : Budhi

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Pemprov Jateng terus berupaya memfokuskan program penanggulangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. DPRD Kabupaten Semarang diharapkan mendukung program Pemprov Jateng melalui berbagai rumusan kebijakan daerah.

‘’Agar berbagai program pembangunan yang kami lakukan dapat berhasil dan optimal, kami membutuhkan dukungan seluruh elemen masayrakat termasuk pemerintah kabupaten/kota. DPRD sebagai lembaga legislatif daerah merupakan bagian tak terpisahkan dari pemerintah daerah. Sinergitas legislatif dan eksekutif amatlah penting, utamanya dalam perencanaan anggaran maupun penyusunan program strategis daerah serta pembentukan perda-perda sebagai landasan pembangunan daerah,’’ kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Semarang dr Mundjirin dalam rapat paripurna pengucapan sumpah janji 50 orang anggota DPRD Kabupaten Semarang periode 2019-2024, Selasa (13/8/2019).

Pemprov Jateng telah menyiapkan 10 program unggulan, di antaranya sekolah tanpa sekat, peningkatan peran rumah ibadah, fasilitasi pendakwah dan guru pendidik agama, reformasi birokrasi di kabupaten/kota yang dinamis berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, serta satgas kemiskinan. Kemudian bantuan desa, rumah sederhana layak huni, kemudahan akses kredit UMKM, pembuatan BUMDes dan pelatihan start up untuk wirausaha mudah, pengembangan transportasi massal, rintisan pertanian terintegrasi dan sekolah biaya pemerintah khusus untuk siswa miskin.

‘’Kami berharap lembaga legislatif bisa mendukung program kami melalui berbagai rumusan kebijakan daerah. Saya juga titip pesan untuk membuat program yang ramah investasi dan pengembangan pariwisata, karena kedua sektor tersebut jika digarap dengan baik akan signifikan mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah,’’ pinta Gubernur.

Pada kesempatan itu, Gubernur berharap anggota DPRD Kabupaten Semarang yang baru saja dilantik untuk menjunjung tinggi asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan negara, keterbukaan, proposionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas dan keadilan. ‘’Jaga marwah wakil rakyat, rawat integritas. Lakukan inovasi, edukasi politik yang menghadirkan kedamaian, kerukunan dan kebhinekatunggalikaan,’’ tandasnya.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang periode 2014-2019, Bambang Kusriyanto mengatakan anggota DPRD Kabupaten Semarang masa bakti 2014-2019 dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi, serta menyelesaikan pengabdian sebagai wakil rakyat. Selain itu, dapat bekerja sejalan koridor hukum serta perundang-undangan untuk membangun daerah sekaligus memperjuangkan aspirasi rakyat Kabupaten Semaarang.

‘’ Anggota DPRD Kabupaten Semarang masa bakti 2014-2019 mampu menjaga martabat, citra, kehormatan dan harga dirinya sampai masa jabatan berakhir. Hal ini dibuktikan dari 45 anggota DPRD Kabupaten Semarang masa bakti 2014-2019 tidak ada satu pun orang yang terlibat permasalahan pelanggaran hukum,’’ ungkap Kribo, panggilan akrab Bambang Kusriyanto saat memberi sambutan di acara pengucapan sumpah janji 50 orang anggota DPRD Kabupaten Semarang periode 2019-2024.

Kribo berharap anggota DPRD Kabupaten Semarang periode 2019-2024 dapat melaksanakan tugas fungsi dan wewenangnya sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah lebih baik lagi dalam meningkatkan pembangunan Kabupaten Semarang. ‘’Keberhasilan pembangunan Kabupaten Semarang tidak akan dapat tercapai tanpa adanya jalinan kerjasama yang baik antara lembaga eksekutif dan legislative,’’ ujarnya. rus-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here