Dekan Fakutas Sains dan Matematika Undip Prof Dr Widowati (dua dari kiri) dan mahasiswa berprestasi dan sejumlah dosen dalam yudisium ke 101. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) -Tiga orang lulusan terbaik, dari fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip, Jumat (2/8/2019), mengikuti yudisium ke 101 FSM yang diikuti 180 orang.

Mereka adalah Yosua Feri Wijaya dari Departemen Matematika, Prodi S1 Matematika FSM Undip dengan IPK 4,0, Eko Abdul Aziz dari Departemen Ilmu Komputer Prodi S1 Informatika dengan nilai indeks prestasi komulatif (IPK) 3,96, dan Alfi Tauzia Hanifah dari Departemen Ilmu Komputer Prodi S1 Informatika. Tercatat juga lulusan, dengan predikat mahasiswa berprestasi Undip 2018 dari S1 Kimia, Nurwarrohman Andre Sasongko. Mereka mendapatkan ‘Dean Award FSM’, yang berlangsung di gedung Acintya Prasada, Kompleks FSM.

Dekan FSM Prof Dr Widowati mengatakan, lulusan terbaik dalam hal ini cumlaude adalah prestasi yang membanggakan bagi fakultas. Jurusan eksak, apalagi matematika, dengan nilai sempurna 4. Juga kedua lulusan Ilmu Komputer, dengan IPK 3,9 sangat jarang. Ya, ini mengingat SKS yang harus ditempuh mahasiswa S1 tidaklah sedikit, mencapai 144 SKS. ”Ini prestasi luar biasa,” jelasnya.

”Jadi kita punya mahasiswa yang berkompetensinya tinggi. Apalagi, selama ini Matematika dianggap momok bagi siswa di sekolah menengah kebanyakan. Namun, dengan prestasi Yosua yang meraih IPK 4, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pelajar, bahwa Matematika bukan momok, namun kalau dipelajari sungguh-sungguh dan dengan hati dan cinta, maka akan berhasil,” jelasnya.

Yosua yang pada semester 3 pernah mendapat penghargaan honorable mention, di ajang International Mathematic Competition di Bulgaria ini mengaku akan melanjutkan pendidikan S2 , setelah diwisuda nanti dengan mencari beasiswa. Begitu juga dengan Nurwarrohman.

Sedangkan Eko dan Alfi memilih bekerja mengabdikan dan mengembangkan ilmunya, sembari mencari kesempatan beasiswa S2.

Hadir juga dalam kesempatan ini Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FSM Drs Bayu Surarso MSc PhD, Ketua Departemen Ilmu Komputer/Informatika Dr Retno Kusumaningrum SSi MKom, dan Ketua Departemen Matematika Farikhin PhD.

Adapun 180 orang yang ikut yudisium dengan rincian, 18 lulus sebagai Magister, 156 orang lulus sebagai Sarjana (S1) dan enam orang dinyatakan lulus sebagai Ahli Madya. Selanjutnya, mereka akan diwisuda. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here