Gelar Pendidikan Karakter Perkuat Karakter Generasi Bangsa

0
88
Ratusan siswa Sekolah Dasar se Kota Semarang secara serentak menggelar festival pengetikan Alquran 30 Juz di halaman Kantor Dinas Pendidikan Jalan Dr Wahidin Kota Semarang. Foto: Ody

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Dalam rangka mendorong generasi muda bangsa agar semakin cinta dan mampu menginternalisasi serta mengimplentasikan nilai-nilai luhur serta bangga terhadap budaya bangsa.

Dinas Pendidikan Kota Semarang melalui Bidang Pendidikan Dasar menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Karakter yang diimplementasikan berbagai macam lomba diikuti siswa Sekolah Dasar (SD) Kota Semarang di halaman kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang Jalan Dr Wahidin Semarang, Selasa (13/8/2019)

Lomba tersebut diantaranya, lomba Karawitan, Geguritan, Macapat dan Sesorah yang diikuti baik SD negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri mengatakan, Gelar Pendidikan Karakter tahun ini sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI Tahun 2019

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting, karena anak perlu diedukasi tentang karakter melalui nilai-nilai budaya agar tidak tercerabut semakin jauh dari akar budayanya.

“Di samping itu guna menghindarkan dari bahaya eksistensi dan punya karakter kuat sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara tujuan dari kegiatan ini, untuk membangun karakter siswa melalui kecintaan terhadap budaya jawa dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, serta meningkatkan karakter akhlakul karimah bagi siswa SD di Kota Semarang

“Keberhasilan pelaksanaan Gelar Pendidikan Karakter ini diharapkan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di Kota Semarang. Disamping itu juga menjadi ajang pembentukan karakter bagi guru dan peserta didik agar mempunyai daya cipta, kelembutan hati serta kecintaan seni dan budaya bangsa,” harapnya.

Selain diadakan berbagai macam lomba, Dinas Pendidikan juga menggelar Festival Pengetikan Alquran 30 Juz dengan peserta siswa SD.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Sarang Sapto Budi Utamo mengatakan, festival ini diikuti kurang lebih 585 peserta dari masing-masing perwakilan SD se Kota Semarang.

Dalam festival ini setiap peserta mengetik satu halaman Alquran dengan menggunakan aplikasi melalui laptop yang sudah diinstal. Untuk durasi masing-masing peserta diberi waktu kurang labih 2,5 jam dan dilakukan secara serentak.

“Kami juga bekerjasama dengan Kementerian RI sebagai tindak lanjut, dimana nanti akan dikoreksi. Setalah itu akan dibukukan sehingga menghasilkan karya fenomenal yakni Alquran 30 Juz karya anak-anak SD,” jelasnya. Ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here