Lomba Perahu Karet di Kolam Jadi Hiburan Warga

0
72
Warga ikut lomba perahu karet memeriahkan hari kemerdekaan RI. Foto: wing

PEMALANG (Jatengdaily.com)- Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 74, hampir semua masyarakat menyambutnya dengan gembira dan sudah menjadi agenda tahunan layaknya pesta rakyat. Hal itu dapat kita lihat hampir di semua sudut kota, kampung dan desa digelar lomba seru seruan, yang tak lain bertujuan menjadikan tontonan gratis yang menghibur semua masyarakat dan biasanya dilakukan secara swadaya baik dilingkup RT, RW, Desa dan seterusnya.

Demikian halnya yang dilakukan di Desa Sikasur, Pemalang. Bertempat di Telaga Slating yang berbentuk kolam luas tersebut diadakan lomba mendayung perahu karet, setiap perahu biasanya mewakili untuk tingkat RT, setempat.

Alhasil yang terjadi saat lomba dimulai spontan sambutan gelak tawa para penonton melihat perahu karet yang seharusnya melaju ke depan justru hanya memutar-mutar di kolam lantaran para peserta tidak terbiasa mendayung perahu karet, hal demikian ternyata yang membikin suasana bertambah meriah dan menjadi hiburan tersendiri bagi warga.

“Saat di dayung justru perahu memutar tidak mau maju ke depan, “ujar Bambang, salah satu warga.

Bambang salah satu peserta mengatakan butuh kekompakan mendayung agar perahu karetnya bisa maju ke garis finish, tapi menurutnya lomba ini cukup seru dan menyenangkan.

Menurut koordinator lomba, Zaenal kegiatan lomba dayung baru pertama kali dilaksanakan sedangkan peserta lomba di ikuti oleh seluruh masyarakat mewakili RT setempat memperebutkan sejumlah uang dan bingkisan.

Sementara itu Kepala Desa Sikasur Kusin mengatakan lomba seperti ini di lakukan selain dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI juga sebagai wujud pesta rakyat yang digelar setiap tahun sekali, “Guyup rukun dan sekaligus ajang silahturahmi antar warga desa”, ujarnya. Wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here