Bhayangkari Demak Bantu Air Bersih Warga Kedondong dan Raji

0
73
Ketua Bhayangkari Cabang Demak Ny Novy Arief Bahtiar bersama jajaran pengurus Bhayangkari saat membagikan bantuan air bersih di Desa Kedondong Demak, sebagai rangkaian peringatan HKGB ke-67. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-67, Bhayangkari Polres Demak melaksanakan bakti sosial (baksos) berupa pemberian bantuan air bersih, Rabu (11/9/2019). Dipimpin Ketua Bhayangkari Cabang Demak Ny Novy Arief Bahtiar, sebanyak lima tangki air kapasitas 5.000 liter pun digelontorkan di Desa Kedondong dan Raji Kecamatan Kabupaten Demak.

“Baksos pembarian bantuan air bersih ini sebagai wujud kepedulian Bhayangkari Polres Demak pada masyarakat terdampak bencana kekeringan. Terlebih air bersih termasuk kebutuhan pokok masyarakat, yang wajib terpenuhi setiap harinya,” tuturnya, didampingi Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar.

Ibarat hujan deras di tengah teriknya kemarau bertahunan, kedatangan lima tangki air bersih bantuan Bhayangkari Polres Demak berkoordinasi BPBD Kabupaten Demak disambut antusias warga. Utamanya di dua titik lokasi yang telah ditentukan, yakni di Balai Desa Kedondong dan halaman rumah seorang warga Desa Raji.

Mewakili warganya, Kepala Desa Kedondong Setiyanto menyampaikan terima kasih. Sebab sudah menjadi langganan di musim kemarau, Desa Kedondong selalu mengalami krisis air bersih. Bahkan meski telah dibangun sumur program Pamsimas untuk memenuhi kebutuhan warga.

Sebab meski banyak desa di Kabupaten Demak telah dibangun sumur Pamsimas untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, namun sumber air bakunya menipis bahkan nyaris kering beberapa minggu terakhir. Seiring prakiraan BMKG tentang puncak musim kemarau 2019 yang terjadi pada September.

Bahkan data BPBD Kabupaten Demak, hingga Agustus lalu, ratusan tangki air bersih telah digelontorkan di belasan desa di tujuh kecamatan. Mulai dari Kecamatan Wedung, Mijen, Gajah, Demak Kota, Katangtengah, Sayung, dan Mranggen.

“Total air bersih yang sudah disalurkan ke warga ada 121 tangki. Melalui BPBD 104 tangki, PMI 17 tangki. Permintaan terbanyak dari Desa Sedo dan Kedondong Kecamatan Demak Kota, masing-maaing 22 tangki kapasitas 5.000 liter,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak, HM Agus Nugroho LP. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here