BMKG dan FTIK USM kerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia dan pembuatan sistem aplikasi dan materi promosi. Foto: adry

SEMARANG (Jatengdaily.com)-Sinergi Perguruan Tinggi (PT) dengan pemerintah dalam upaya mengembangkan teknologi tepat guna menjadi solusi yang tepat saat ini. Untuk itulah, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) melakukan kerjasama dengan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Semarang. MoU yang dilakukan Rabu (19/9/2019) ini meliputi peningkatan sumber daya manusia dan pembuatan sistem aplikasi dan materi promosi.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, Retno Widyaningsih berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya dapat melibatkan mahasiswa FTIK USM dalam membuat sejumlah aplikasi dan materi promosi untuk memperkenalkan informasi meteorologi, klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat.

“BMKG akan sangat terbuka bagi mahasiswa untuk belajar dalam pembuatan sejumlah aplikasi yang nantinya kontennya yang di dalamnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi terkait meteorologi, klimatologi dan Geofisika” ujar Retno Widyaningsih SKom.

Sebagai bentuk implementasi dari MoU yang akan berlangsung selama tiga tahun ini, Dekan FTIK USM, Susanto MKom memastikan secara reguler akan menerjunkan mahasiswa untuk kuliah kerja lapangan, melakukan penelitian dan pembuatan aplikasi hingga sosialisasi informasi meteorologi, klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat.

“Mahasiswa yang akan dilibatkan dalam implementasi ini tentu sudah kita bekali dengan pengetahuan yang mumpuni dan akan didampingi oleh dosen agar output yang didapat nantinya benar benar berguna bagi masyarakat,” ucapnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, menambahkan MoU ini nantinya diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. adry-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here