Mahasiswa Untag Harus Miliki Karakteristik Nasionalis

0
29
Rektor Untag Prof Dr Drs Suparno MSi memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru 2019 di kampus Untag, Sabtu (28/9/2019).Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – ”Ilmu pengetahuan memang faktor penting menjadikan generasi bangsa yang cerdas, namun kecerdasan tersebut tidak akan berarti apa-apa, jika tidak diperkaya dengan karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat,” terang Rektor Untag Prof Dr Drs Suparno MSi saat memberikan ceramah pembekalan kepada mahasiswa baru Untag tahun 2019 kampus di Untag, Jalan Pawiyatan Luhur Semarang.

Prof Suparno meminta kepada mahasiswa baru Untag, untuk selalu berusaha menjadi generasi masa depan yang maju dan unggul serta berkarakter, yang menguasai dunia pengetahuan dan teknologi.

“Tetapi kalian juga harus memiliki karakteristik nasionalis, yaitu memiliki rasa toleransi yang tinggi, dengan tidak membeda bedakan di antara satu dengan lainnya”.

Ini adalah sebuah doktrin Untag yang harus dipahami sehingga diharapkan akan terwujud kader- kader pemimpin yang selalu berada di depan dalam memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Hadir pada acara itu, Ketua Pembina, Pengurus, Pengawas Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang, para Wakil Rektor dan Dekanat serta BEM Untag Semarang.

Pada acara pembekalan itu Prof Suparno juga menyampaikan bahwa sekarang ini Untag lagi berusaha untuk mengembalikan kejayaannya kembali, dan itu telah dibuktikan dengan ditorehkannya berbagai prestasi gemilang oleh para mahasiswanya pada bulan September 2019 ini, di antaranya tim voli putra Untag mewakili Jawa Tengah telah meraih juara 1 pada Pekan Olah Raga Mahasiswa tingkat Nasional (Pomnas) 2019 di Jakarta.

”Sementara ini kita masih menunggu hasil kejuaraan Pomnas untuk atlet Untag yang lain, seperti lempar tangan,Taekwondo dan pencak silat yang saat ini masih berlangsung di Jakarta,” katanya.

Di samping itu  sekarang ini mahasiswa Fakultas Tekni Sipil Untag juga sedang melakukan ujian rancang bangun tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Udayana  Bandung, di mana pada seleksi pertama ini Untag telah menduduki ranking 1 dari 10 besar, di antaranya dari ITB, UI dan ITS, mudah-mudahan dalam final ini Untag dapat meraih juara 1.

Suparno juga mengajak semua mahasiswa baru untuk menunjukkan berbagai prestasinya untuk memajukan Untag secara bersama sama.

Dekan Fakultas Hukum Untag Prof Dr Edy Lisdiyono SH MHum, mengatakan mahasiswa itu adalah sebagai calon pemimpin bangsa, maka perlu dipikirkan bagaimana caranya mahasiswa memiliki kekuatan integritas kepribadian yang pancasilais, mental yang kokoh, kejujuran dan pantang menyerah untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Melalui pembekalan kepada mahasiswa baru ini, diharapkan mereka mengetahui bahwa Untag sebagai perguruan tinggi yang berwawasan kebangsaan, tidak membedakan antarsuku, ras, golongan, agama maupun budayanya.

Hal itu perlu dipahami, karena mahasiswa Untag ini terdiri atas berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia, jadi perlu adanya kesatuan, agar tidak tercerai berai di antara mereka, sehingga mereka akan merasa nyaman dalam menempuh studi di Untag dalam suasana atmosfir akademik yang sejuk.

Wakil Rektor bidang Kerjasama Prof Dr Retno Mawarini S SH MHum dalam motivasinya menyampaikan bahwa mahasiswa harus memiliki budaya berkompetisi, yaitu sifat, sikap dan hasil. Maksudnya adalah seorang mahasiswa harus memiliki sifat dasar yang berani dan jujur, tidak perlu minder atau rendah diri, harus punya sikap dan daya juang yang tangguh, sehingga nantinya akan menghasilkan output seperti yang dicita citakan. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here