Pegiat Antikorupsi Jateng Wayangan di Pati

0
197

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Para pegiat antikorupsi Jawa Tengah menggelar pentas wayang kulit berjudul ‘Wahyu Purboningrat Calon Jaksa Agung Negeri Amarta’, Minggu (22/9/2019 malam mulai pukul 21.00 WIB.

Pentas digelar di Alun-alun Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati dengan dalang Seno Nugroho.

Koordinator kegiatan Boyamin Saiman mengatakan, pentas wayang kulit semalam suntuk ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyesuaikan dengan situasi perilaku tindak korupsi saat ini yang masih marak.

Dalam cerita tersebut, Arjuna bersedia mengorbankan dirinya kena panah Dewa Srani demi melindungi Punokawan. Ketulusan hati Arjuna berkorban demi punokawan/rakyatnya akan dikenang sepanjang masa sebagai improvisasi lakon wayang.

Menurut Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) ini, Gending Sendon Tlutur Ayak Ayak Mijil Layu Layu, saat mengiringi kematian Arjuna akibat panah Dewa Srani akan menimbulkan nostalgia dengan dalang Ki Narto Sabdo yang setiap adegan kematian/gugur wayang diiringi gending ini. Sehingga penonton akan larut ikut bersedih dan menangis.

“Wayang mampu menjawab dan solusi masalah kekinian. Wahyu Purboningrat perwujudan lelaki sejati yang akan menegakkan keadilan dan memberantas korupsi (Jaksa Agung), sebagai bentuk wayang mampu menjadi kritik dan solusi keadaan yang terjadi saat ini. Di mana saat ini banyak pejabat yang korupsi dan mementingkan kelompok dan partainya,” ungkap Boyamin. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here