Pengambilan Koper Jemaah Haji di KUA

0
88
Taufiqurrahman, Kasi PHU Kemenag Kabupaten Semarang. Foto : Budhi.

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Para jemaah haji asal Kabupaten Semarang tidak perlu bingung dan khawatir menyangkut keamanan koper miliknya, saat pulang ke tanah air usai menunaikan ibadah haji dari tanah suci Mekah. Karena lokasi pengambilan koper sudah ditentukan sesuai kloter masing-masing, yakni di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang, KUA Tuntang dan KUA Tengaran.

‘’Saat kembali ke tanah air para jemaah haji tidak perlu bingung atau khawatir soal koper miliknya, karena koper milik jemaah haji dibawa terpisah dengan bus yang mengangkut para jemaah haji. Kita sudah menentukan titik-titik pengambilan koper sesuai kloter masing-masing jemaah haji,’’ ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman, Selasa (10/9/2019).

Taufiq mengungkapkan, koper milik jemaah haji yang tergabung kloter 81 bisa langsung diambil oleh jemaah haji maupun keluarganya di Donohudan. Sebab hanya tiga orang jemaah haji asal Kabupaten Semarang yang tergabung di kloter 81.

‘’Untuk jamaah haji kloter 82 pengambilan kopernya di Kantor Kemenag. Kemudian jemaah haji kloter 83 mengambil kopernya di Kantor KUA Tuntang, sedangkan pengambilan koper jemaah haji kloter 96 di Kantor KUA Tuntang,’’ jelasnya.

Taufiq mengatakan, lokasi pengambilan koper milik jemaah haji tersebut sudah disosialisasikan ke keluarga jemaah haji. Pihaknya juga sudah menyosialisasikan waktu penjemputan jemaah haji di masing-masing kecamatan.

‘’Keluarga jemaah haji yang akan mengambil koper harus menunjukkan bukti diri. Tapi ada KUA yang memfasilitasi untuk mengantar koper ke rumah, sehingga jamaah haji dan keluarganya cukup menunggu di rumah saja,’’ ujarnya.

Menurut Taufiq, jamaah haji asal Kabupaten Semarang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 81, 82 dan kloter 83 dijadwalkan kembali ke tanah air hari Rabu (11/9/2019). Sedangkan jamaah haji yang tergabung dalam kloter 96 atau kloter sapu jagat tiba di tanah air, Minggu (15/9/2019).

‘’Jemaah haji kloter 81, kloter 82 dan kloter 83 dari Madinah 10 September 2019, sampai Embarkasi Donohudan 11 September 2019. Kloter 81 landing pukul 09.50 WIB, kloter 82 pukul 12.25 WIB dan kloter 83 pukul 23.25 WIB, sedangkan kloter 96 tiba Donohudan 15 September 2019 pukul 16.25 WIB,’’ katanya.

Taufiq menambahkan, jemaah haji tidak perlu membawa air zam-zam dari tanah suci. Karena setiap jamaah haji sudah mendapat jatah 5 liter. ‘’Air zam-zam sudah di KUA masing-masing kecamatan. Pengambilan air zam-zam menunggu mereka pulang,’’ imbuhnya. rus-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here