Peringati 10 Muharram, Baznas Demak Santuni 3.045 Yatim Piatu

0
85
Ketua Baznas H Bambang Sustyarto bersama Ketua MUI Kabupaten Demak KH Muhammad Asyiq serta jajaran pengurus Takmir Masjid Agung Demak saat membagikan santunan yatim piatu dalam rangka 10 Muharram 1441 H. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Merayakan 10 Muharram 1441 H, Baznas Kabupaten Demak menyantuni 3.045 yatim piatu, Selasa (10/9/2019). Bertempat di serambi Masjid Agung Demak, pemberian santunan berkoordinasi MUI, Takmir Masjid Agung serta Pemkab Demak.

Ketua Baznas Kabupaten Demak H Bambang Susetyarto menjelaskan, total santunan yang ditasarufkan senilai Rp 450.950.000. Merupakan hasil pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS) ASN juga karyawan BUMD Kabupaten Demak.

“Setiap bulannya rata-rata kami menerima ZIS dari ASN dan karyawan BUMD Kabupaten Demak sebesar Rp 300 juta-an. Pentasarufan dilakukan berdasar delapan asnaf. Ada berupa zakat konsumtif, ada pula modal ekonomi produktif,” tuturnya.

Termasuk santunan yatim piatu di bulan Muharram yang pada tahun 1441 H ini diberikan kepada 3.045 anak. Terdiri dari lima anak di masing-masing SD se-Kabupaten Demak. Selain itu masing-masing 10 anak dari SMP se-Kabupaten Demak, serta usulan ormas.

Sehubungan itu, apresiasi diberikan Bupati HM Natsir kepada Baznas dan MUI kabupaten Demak uang telah membantu meningkatkan kualitas hidup yatim piatu. Diharapkan kegiatan sama dilakukan berkala, tidak hanya pada bulan Muharram.

Alasannya, selain merealisasikan harapan pemda, agar semua elemen di Demak saling sinergi dalam kemaslahatan umat. Santunan merupakan bagian upaya mendekatkan diri dengan anak yatim piatu.

“Bagi umat muslim yang berkecukupan silakan tak segan untuk berbagi. Termasuk di dalamnya para ASN. Mari bersama asah empati dengan sedekah. Sebab sedekah dapat membersihkan jiwa sekaligus harta. Mari berlomba menjadi orang tua asuh. Terutama bagi mereka yang butuh uluran tangan dan kasih sayang, karena tak lagi bersanding orang tua,” imbuhnya didampingi Kepala Kantor Kesbanhpol dan Linmas Kabupaten Demak H Agus Herawan. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here