Raih 4 Emas, Jateng Duduki Peringkat 2 Nasional KSM 2019

0
69
Kabag TU Kanwil Kemenag Prov.Jateng Fajar Adhy Nugroho bersama.kontingen KSM Jateng tuin gkat nasional.setelah menerima piagam juara umum 2 di Menado. Foto:ist

MANADO (Jatengdaily.com) – Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Drs H Farhani SH MM mengaku bangga atas prestasti para siswa madrasah Jateng dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 di Manado.

”Saya bangga atas prestasi para siswa madrasah. Ini bukti bahwa siswa madrasah selain menguasai ilmu agama juga berprestasi dan mampu bersaing di bidang sains,” tegas H Farhani, Sabtu (21/9).

Kakanwil Kemenag juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan kontingen Jateng meraih juara ke-2 KSM Tingkat Nasional tersebut. ”Prestasi ini patut kita syukuri. Para siswa yang kita kirim mewakili Jateng dapat memeroleh 15 medali tersebut juga patut kita banggakan,” tutur Farhani.

Menurut Farhani, kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang yang strategis dalam rangka mengembangkan bakat, kompetensi, dan prestasi siswa madrasah serta menumbuhkembangkan karakter unggul, integritas, sportivitas, dan intelektualitas yang dibutuhkan di era yang semakin kompetitif ini.

Farhani menambahkan, KSM bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di madrasah/sekolah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik. Selain itu, juga memotivasi para generasi muda agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 yang berlangsung di Manado Sulawesi Utara sejak 16 September 2019 telah berakhir dan resmi ditutup Prof Dr  M Nur Kholis Setiawan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Jumat malam (20/9).

Dari 34 kontingen, Jateng berhasil meraih 15 medali yang terdiri atas 4 emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Dengan hasil medali ini kontingen Jateng berada di urutan ke-2 peraih medali terbanyak pada KSM ke-8 tahun 2019 ini.

Adapun juara I diraih kontingen Jawa Timur dan juara III diraih kontingen Banten. Pada kompetisi tersebut kontingan Jateng mengirimkan 31 peserta/siswa. Dari jumlah itu, 15 siswa di antaranya mampu meraih medali untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA).

Empat medali emas tersebut diraih oleh Naila Farikha (MI – Matematika Terintegrasi) siswa MIS Hasyim Asy`ari, Muhammad Hanif (MTs – Matematika Terintegrasi) siswa MTs Abadiyah Pati, Daniswara Aryasuta Hariadi (MI – Sains IPA Terintegrasi) siswa MIN 2 Sukoharjo, dan Afdal Elang Arifin (MTs – IPS Terpadu Terintegrasi) siswa MTsN 2 Tegal.

Pada acara penutupan KSM hadir Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Fajar Adhy Nugroho yang berkesempatan menerima piala juara umum II yang diserahkan oleh Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah, Nanik Pujihastuti.

“Alhamdulillah berkat kepemimpinan Bapak Kakanwil Prov Jateng dan kinerja bidang pendidikan madrasah, kontingen Jateng dapat mempertahankan posisi juara umum II. Para siswa madrasah bisa menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan provinsi se-Indonesia,” tutur Fajar saat ditemuai usai acara penutupan KSM.

Fajar memberikan apresiasi kepada seluruh anggota Kontingen dan berharap KSM mendatang Jateng dapat lebih meningkatkan prestasinya menjadi juara umum pertama. “Kita harus memiliki strategi dan lebih kompak dalam mengantarkan calon wakil Jateng pada setiap kejuaraan,” tegas Fajar.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Saifulloh yang turut mendampingi kontingen ke Manado merasa bersyukur atas prestasi yang didapatkan oleh kontingen Jateng. “Alhamdulillah wa syukurilah, tim Jateng KSM nasional memperoleh juara II. Selamat untuk kontingen Jateng, siswa-siswi madrasah juga untuk para pendamping dan kepala madrasah,” ucap Saifulloh.

Saifulloh berharap untuk tahun depan Jateng bisa lebih baik lagi. “Semoga ke depan dapat menjadi yang terbaik, the best, aamiin,” pungkasnya.

Berikut perolehan medali Jateng:

Peraih Medali Emas:

1.         Naila Farikha (MI – Matematika Terintegrasi) siswa MIS Hasyim Asy`ari Jepara

2.         Muhammad Hanif (MTs – Matematika Terintegrasi) siswa MTs Abadiyah Pati

3.         Daniswara Aryasuta Hariadi  (MI – Sains IPA Terintegrasi) siswa MIN 2 Sukoharjo

4.         Afdal Elang Arifin (MTs – IPS Terpadu Terintegrasi) siswa MTsN 2 Tegal

Peraih Medali Perak:

1.         Fara Nuri Hamidah (MI – Sains IPA Terintegrasi) siswa MIN 1 Banyumas;

2.         Rasyif Aulia Mahmud (MTs – Matematika Terintegrasi) siswa MTsN 1 Kudus         ;

3.         Emeliana Putri Ayu Ningsih (MTs – Matematika Terintegrasi) siswa SMP Semesta            Bilingual Boarding School;

4.         Muhammad Maqusa Fala (MTs – IPA Terpadu Terintegrasi) siswa MTsS Tahfidz Yanbu`ul Qur`an Kudus;

5.         Balindra Priya Adilaksita (MTs – IPA Terpadu Terintegrasi) siswa MTsN 1 Kebumen;

6.         Maftukhah Arum Setiyani (MTs – IPS Terpadu Terintegrasi) siswa MTsN 1            Temanggung

7.         M. Michael Maulid Hanzky (MA – Kimia Terintegrasi) siswa MAN Insan Cendekia Pekalongan    

Peraih Medali. Perunggu:

1.         Mufliah (MA – Matematika Terintegrasi) siswa MAS Mafatihul Huda Cilacap;

2.         Haidar Akbar Adib Putra (MA – Fisika Terintegrasi) siswa MAN 2 Kudus;

3.         Arizky Damayanti (MA – Ekonomi Terintegrasi) siswa MAN Temanggung; dan

4.         Akhmad Singgih (MA – Geografi Terintegrasi) siswa SMAN 2 Purwokerto. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here