Seluruh PAC PDIP Dukung Ngesti Nugraha jadi Calon Bupati Semarang

0
260
Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha memberikan sambutan dalam rapat koordinasi partai di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Semarang, Sabtu (14/9/2019). Foto : Budhi

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan (PDIP) di 19 Kecamatan di Kabupaten Semarang, sepakat mendukung Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha yang sekarang menjabat Wakil Bupati Semarang, sebagai calon Bupati Semarang pada Pilkada Serentak 2020.

Dukungan tersebut disampaikan dalam rapat sosialisasi penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Semarang untuk pillkada 2020, di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Semarang, Sabtu (14/9/2019) sore.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Semarang yang juga Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening mengatakan, dalam rapat sempat meminta aspirasi dari seluruh PAC mengenai siapa yang akan didukung sebagai calon Bupati Semarang maupun Wakil Bupati Semarang.

‘’Tadi secara aklamasi PAC dari 19 kecamatan se-kabupaten Semarang mendukung Pak Ngesti Nugraha sebagai calon Bupati Semarang dari PDI Perjuangan pada Pilkada Serentak 2020,’’ ungkapnya usai rapat.

Meski seluruh PAC mendukung Ngesti Nugraha, Bondan menyatakan DPC PDIP Kabupaten Semarang tidak bisa memutuskan untuk menetapkan bakal calon kepala daerah dari PDIP. Karena kewenangan untuk menetapkan bakal calon kepala daerah ada di DPP PDIP.

‘’Teman-teman PAC kita minta buat surat dukungan terhadap Pak Ngesti Nugraha ke DPC, untuk kita sampaikan ke DPD PDIP Jateng dan DPP PDIP sebagai salah satu bahan pertimbangan. Keputusannya kita serahkan sepenuhnya ke DPP, siapa yang akan mendapatkan rekomendasi sebagai calon Bupati Semarang dan Wakil Bupati Semarang kewenangan DPP PDIP,’’ jelasnya.

Kata Bondan, adanya dukungan seluruh PAC terhadap Ngesti Nugraha tersebut tidak otomatis pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Semarang dari PDIP ditutup. ‘’Itu masih sebatas usulan, karena yang menentukan DPP PDIP. Kita hanya melakukan penjaringan dan penyaringan,’’ ujarnya.

Bondan mengungkapkan pendaftaran penjaringan dan penyaringan calon Bupati dan Wakil Bupati Semarang di DPC PDIP Kabupaten Semarang dibuka mulai Senin (16/9/2019) sampai Sabtu (21/9/2019) pada jam kerja yakni pukul 09.00-16.00 WIB. Pendaftaran ini bukan hanya dikhususkan untuk kader PDIP saja, tapi terbuka untuk masyarakat umum.

‘’Memang peraturan di partai kami akan lebih mengutamakan kader PDIP, seandainya ada kader PDIP dianggap mampu atau pantas menjadi calon bupati dan wakil bupati Semarang. Tapi tidak menutup kemungkinan dari luar kader PDIP masih ada kessempatan kesempatan mengikuti kontestasi di internal partai kami,’’ bebernya sembari menyampaikan hasil penjaringan calon bupati maupun wakil Bupati Semarang yang mendaftar ke DPC PDIP Kabupaten Semarang akan disampaikan ke DPD PDIP Jateng dan DPP PDIP tanggal 23 September 2019.

Ketua PAC PDIP Kaliwungu, Sutanto menyatakan mendukung Ngesti Nugraha menjadi calon Bupati Semarang. ‘’Kita akan membuat surat dukungan ke DPC,’’ ucapnya.

Adapun dasar penjaringan dan penyaringan adalah Peraturan PDIP No 24 Tahun 2017 tentang rekruitmen dan seleksi calon kepala daerah dan wakill kepalla daerah PDIP. Selain itu, Surat DPP PDIP No 356/IN/DPP/VIII/2019 perihal instruksi melakukan pemetaan daerah dan penjaringan bakal calon kepala daerah pilkada serentak tahun 2020. rus-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here