Beberapa kendaraan melintas di Kawasan Kota Lama, sebelum diberlakukan ujicoba pembukaan CFN dilakukan selama dua hari, Jumat (11/10/2019) dan Sabtu (12/10/2019).Foto: Ody

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Kawasan wisata Kota Lama Semarang, tepatnya Jalan Letjend Soeprapto akan bebas dari kendaraan bermotor atau Car Free Night (CFN)

Uji coba pembukaan CFN dilakukan selama dua hari, Jumat (11/10/2019) dan Sabtu (12/10/2019) tepatnya dibJalan Cenderawasih dan Jalan Letjen Soeprapto hingga Jembatan Mberok atau Jalan Mpu Tantular akan ditutup bagi kendaraan bermotor mulai pukul 18.00 sampai 24.00 WIB.

“Sementara bagi kendaraan yang hendak menuju ke Stasiun Tawang masih diperbolehkan,” Danang Kurniawan, Kabid Pengendalian Ketertiban (Daltib) Dishub Kota Semarang, Jumat (11/10/2019).

Ia menyampaikan, bagi masyarakat yang hendak berwisata ke kawasan Kota Lama dapat memarkirkan kendaraannya di sejumlah kantong parkir yang telah disediakan.

“Sejumlah kantong parkir telah disediakan antara lain di Jalan Mpu Tantular, eks kantor PTPN IX Semarang, sebelah utara Dream Museum Zone(DMZ), depan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polrestabes Semarang, Jalan Sendowo dan samping gedung Marabunta,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Danang, Pemerintah Kota Semarang juga telah menyiapkan Mobil Golf untuk mengantarkan pengunjung dari tempat parkir menuju Taman Sri Gunting. Mobil Golf ini dapat digunakan secara gratis. Dengan kapasitas enam hingga delapan orang Mobil Golf ditempatkan di ekspol Damri di Jalan Mpu Tantular, Jalan Sendowo, dan Kantor Satpas SIM Polrestabes Semarang.

”Program car free night ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kenyamanan pengunjung di Kawasan Wisata Kota Lama. Tujuannya, agar tidak terganggu dengan lalu lalang kendaraan dan menjaga keamanan kondisi infrastruktur dan bangunan dari getaran kendaraan yang melintas. Selain itu, juga untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor di kawasan tersebut,” terang dia.

Sementara itu, KBO Satlantas Polrestabes Semarang, AKP Supriyanto, mengatakan, rakor persiapan pemberlakuan car free night salah satunya membahas rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di beberapa ruas jalan di Kawasan Wisata Kota Lama.

Jalan-jalan yang telah ditentukan untuk CFN akan ditutup dengan traffic barrier dan kerucut lalu lintas, serta dipasang rambu-rambu penunjuk arah.

”Pengalihan arus akan dilakukan bagi kendaraan yang hendak menuju Jalan Letjen Suprapto dari Jalan Raden Pattah. Untuk berbelok ke arah kiri menuju Jalan MT Haryono atau Bundaran Bubakan, maupun berbelok ke kanan ke arah Jalan Ronggowarsito,” ujar dia. Ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here