Gibran dalam Pilwakot Solo; Tertutup di DPC, Terbuka di DPP

0
155
Gibran Rakabuming Raka. Foto: instagram @chilipari

SOLO (Jatengdaily.com) – Kendati DPC PDI Perjuangan Solo sudah hampir pasti tak mencalonkannya, namun Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo masih berpeluang nyalon. Ini lantaran pihak DPP PDIP pun memberi lampu hijau majunya Gibran.

Secara terang-terangan Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut Gibran Rakabuming Raka, masih memiliki kesempatan menjadi calon Wali Kota Solo dari PDIP. Namun calon harus melalui mekanisme partai. Artinya setelah di DPC, menurut Puan, PDIP masih memperbolehkan bakal calon yang ingin maju pilkada mendaftar melalui DPD dan DPP partai.

Terkait kemungkinan perpecahan di DPC PDIP Solo jika Gibran yang dipilih oleh DPP, sementara DPC sudah memiliki calon sendiri, menurut Puan masih banyak waktu menuju pergelaran Pilkada 2020.

Seperti diketahui, Gibran telah menyatakan tekad bulat untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo lewat PDIP dan telah menemui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Kamis (24/10) lalu. DPC PDIP tegas menutup pendaftaran dengan alasan telah ada pasangan calon yang diusulkan untuk dimintakan rekomendasi ke DPP yakni Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pun menyatakan mendukung rencana Gibran Rakabuming Raka, maju di Pilwalkot Solo tahun 2020. PKB menilai Gibran memiliki kematangan berpolitik. “Sejauh ini terlihat memiliki kematangan politik,” kata Ketua DPP PKB Daniel Johan.

PKB menilai Gibran pantas dan memenuhi syarat untuk maju Pilwakot Solo. Dia dinilai sudah membuktikan sebagai seorang profesional yang sukses.

Sementara itu Gibran sendiri setelah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, terus melakukan kegiatan di sejumlah tempat. Di antaranya beberapa hari lalu menjadi pembicara dialog ekonomi kreatif di Pondok Pesantren Al Muayad, Solo, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Di acara ini Gibran sudah menyita perhatian peserta dialog. Dia tampil tak seperti biasanya kasual, namun mengenakan sarung layaknya santri pesantren.

Gibran juga sering mengunggah kegiatan menjadi pembicara dalam diskusi-diskusi di akun medsosnya, di antaranya instagram. Seperti unggahan pada instagramnya @chilipari lima hari lalu, dia berfoto di hadapan peserta acara connext conference. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here