Minggu Besok, Mendagri Hadiri Temu Kangen Pengurus KNPI

0
71

SEMARANG (Jatengdaily.com) –  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dipastikan hadir dalam Temu Kangen Akbar Mantan Pengurus Dewan Pengurus Daerah  Tingkat I Komite Nasional Pemuda Indonesia ( DPD I KNPI ) Jawa Tengah, Minggu besok (13/10) di rumah dinas Wali Kota, Manyaran, Semarang.

Ketua Panitia Dr Budiyanto SH.MHum menjelaskan, Mendagri hadir sebagai mantan Ketua KNPI Jateng, Ir. Eddi Soebiantoro, Dr M Iqbal Wibisono, Petit WA, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi SE MM dan Novita Wijayanti juga sebagai mantan Ketua KNPI Jateng sudah menyampaikan konfirmasi untuk hadir di acara tersebut.

‘’Selain didesain menjadi forum untuk bereuni dan melepas kangen antar mantan pengurus, sekaligus dijadikan sebagai ajang refleksi untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya makna persatuan kepada masyarakat,’’ kata Budiyanto.

Tjahjo Kumolo akan menyampaikan testimoni tentang makna bagi aktivis pemuda  dalam  pergumulannya di wadah KNPI.

“Kami sudah mendapat konfirmasi, pak Tjahjo mantan Ketua DPD I KNPI Jateng 1985-1988, sekjen DPP KNPI  dan Ketua Umum DPP KNPI akan hadir dalam acara kangen-kangenan ini,” kata Budiyanto yang juga mantan Ketua DPD I KNPI Jateng (1995-1999) , kemarin.

Menurutnya, KNPI sebagai wadah berhimpunnya para pemuda dengan berbagai latar belakang yang beragam tampil di pentas sejarah melanjutkan peran-peran pemuda di era sebelumnya (1908, 1928, 1945, Orde Baru hingga era reformasi) yang menginsiasi bangkitnya semangat untuk bersatu padu ditengah keragaman yang selalu ada.

Pemuda  Indonesia, lanjutnya, pada kurun waktu manapun selalu memahami bahwa perbedaan yang ada di lingkungan lokal, regional dan nasionl merupakan sebuah keniscayaan. Perbedaan yang ada itu dimobiliasi menjadi potensi kolektif  dan massif melalui semangat dan tekad mewujudkan persatuan sehingga menjadi kekuatan yang dahsyat.

Dia menambahkan di era pra kemerdekaan, pemuda menjadi motor terwujudnya persatuan hingga terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indoinesua (NKRI) yang benar-benar  berdaulat. Spirit ini terus berlanjut hingga terbentuknya wadah KNPI.

Forum temu kangen mantan pengurus  KNPI Jateng  ini, tutur Budiyanto, diharapkan akan memunculkan pesan kuat betapa pentingnya makna persatuan yang kalau diwujudkan dapat membentengi masyarakat dari terpaan isu berbagai tawaran sistem yang akan didorong menjadi pemicu perubahan konstruksi bangunan  NKRI yang sudah ada ini  dari berbagai pihak.

“Jadi selain melepas kangen, forum ini diharapkan akan menyegarkan kembali kesadaran makna persatuan dan kesatuan, sebagaimana yang dicontohkan oleh para founding fathers dalam menghadirkan NKRI. Keragaman yang diberbagai tempat menjadi sumber pergolakan di Indonesia justru menjadi potensi untuk membangun kebersamaan dan persatuan,” tuturnya.

Para mantan pengurus KNPI Jateng dengan berbagai kapasitas dan aktivitas yang melekat pada dirinya saat ini juga diharapkan akan tetap berkpirah dalam menjaga keutuhan NKRI sebagaimana yang dilakukannya saat berkiprah di KNPI dulu yang di dalamnya dipenuhi aneka keragaman, namun tetap berada dalam satu ikatan kekuatan yang dahsyat. Tentu diharapkan simbolisasi persatuan ini pesannya akan sampai ditengah-tengah masyarakat. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here