IUP Ikom Undip Ajak Siswa SMA Mengenal Kampus Lewat ‘Seat In Class 2019’

0
111
Presentasi materi oleh siswa SMA dan mahasiswa IUP Ikom Undip. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Perkuliahan merupakan jenjang pendidikan yang banyak diincar oleh siswa SMA. Berbeda dengan pembelajaran di SMA, kuliah lebih terfokus pada diskusi antara mahasiswa dan dosen.

Karena itu, Kelas Internasional (IUP) Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro bersama dengan Trust Agency mengadakan kegiatan simulasi perkuliahan kelas internasional bertajuk Seat In Class 2019 bagi siswa SMA, Senin (11/11/2019) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang.

Kegiatan ini bertujuan selain untuk mengenalkan Kelas Internasional (IUP) Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, sekaligus mengajak siswa SMA dapat merasakan langsung bagaimana suasana perkuliahan di Kelas Internasional bersama dengan dosen dan mahasiswa IUP Ikom Undip.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kelas IUP Ikom Undip, dan juga untuk memotivasi siswa SMA, agar lebih paham dengan suasana perkuliahan. Selain itu juga mendorong mereka untuk lebih sering lagi berkomunikasi dengan Bahasa Inggris tanpa perlu minder lewat pengajaran full inggris di kelas,” ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan Farhan Nugraha.

Dipandu oleh Dosen Ilmu Komunikasi yaitu Nuriyatul Lailiyah S.Sos, M.Ikom, siswa SMA yang berjumlah 8 orang dari SMA Al-Azhar 14 dan SMA Hidayatullah Semarang ini, diajarkan mengenai materi dasar komunikasi strategis dan public speaking dengan bahasa pengantar full inggris sesuai dengan suasana perkuliahan di kelas IUP Ikom.

Peserta ‘Seat In Class 2019’. Foto: dok

Kegiatan Seat In Class ini dilanjutkan dengan Tour Kampus FISIP Undip, untuk memperkenalkan apa saja fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh Universitas Diponegoro. Harapannya siswa SMA tersebut dapat menjadi lebih excited ketika nantinya akan melanjutkan studi ke jenjang Universitas.

Meskipun merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh IUP Ikom Undip, siswa SMA sangat antusias selama mengikuti kegiatan. Hal tersebut dibuktikan dengan aktifnya mereka selama perkuliahan berlangsung.

“Lebih paham gimana suasana perkuliahan dan semakin terbuka wawasannya akan public speaking Bahasa Inggris sekaligus juga banyak pengetahuan yang diberikan baik dari dosen maupun kakak-kakak mahasiswa di kelas,” ujar Hasya salah satu peserta dari SMA Al Azhar 14 Semarang.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat apresiasi kepada seluruh peserta dan penobatan Aizza Tri Wijayanti sebagai Duta Speak Up 2019, karena telah berkontribusi dalam video challenge yang diadakan oleh tim kampanye Speak Up To Build Up. Harapannya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali di tahun berikutnya dengan menyertakan lebih banyak siswa SMA dari berbagai sekolah di Kota Semarang. Dina Radika Oktavianti (Komunikasi, Fisip Undip)-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here