Para siswa menyimak apa yang disampaikan pembicara dalam diskusi kebudayaan Jerman di Aula SMP Negeri 2 Boja. Foto: Ody

KENDAL (Jatengdaily.com)– Sebanyak 80 siswa kelas tujuh mengikuti diskusi kebudayaan Jerman di Aula SMP Negeri 2 Boja, Kendal Jalan Raya Tampingan Boja dengan tema “Discusion Cross Culture Understanding German’s Culture”, Selasa (12/11/2019).

Adapun Sebagai pembicara Leonie Janssen (23) , seorang relawan dari Dejavato Foundation. Ia  merupakan badan Unesco di bawah naungan PBB dan bergerak di bidang Pendidikan, sosial  dan budaya.

Dalam paparannya Leonie menjelaskan pada dasarnya hampir sama kebudayaan di Indonesia dan Jerman. Di Jerman pada bulan Oktober diadakan pesta rakyat, bulan  Nopember ini sedang  ada karnaval tahunan, di bulan Desember juga ada pasar malam perayaan natal.

“Sedang di Indonesia juga ada karnaval peringatan 17 Agustus menyambut kemerdeaan Indonesia,” jelasnya

Ia menambahkan, dari pembagian wilayah di Jerman mengenal  negara bagian. Sedang di Indonesia dengan istilah provinsi. Masalah pakaian tradisional di Jerman juga ada namanya dirndl, “ tambahnya.

Sedangkan ketua panitia, Ujang Noer Fauzan mengatakan, diskusi ini merupakan rangkain dari kegiatan english centre

“Sebelumnya Leonie  telah menjadi relawan di SMP N 2 Boja selama setengah bulan dengan mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris,  tata boga, olahraga, dan seni tari,” tuturnya

Selama itu pula dia tinggal bersama ibu asuh yang juga guru dari  SMPN 2 Boja. Tak lain agar lebih bisa mengenal budaya Indonesia.

Setelah kegiatan diskusi ini menurut rencana di bulan Desember para siswa di ajak outing class (pembelajaran di luar)   ke Candi Borobudur.  Harapannya siswa langsung bisa mempraktekkan apa yang di dapatkan selama kegiatan english centre  dengan mewawancarai turis asing. Karena dilapangan merupakan pembelajaran yang sesungguhnya.

Sementara itu  Celsea   Dea Ananta    (13)  merasa senang kegiatan ini.

“Selain saya bisa mempraktekkan berbicara dengan bahasa inggris, saya juga mengetahui tentang budaya negra asing terutama negara Jerman,” katanya. Ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here