60 Penyair Terlibat Pembuatan Buku Perempuan Bahari

Seorang penyair saat beraksi membaca puisi di Wisma Perdamaian. Foto: ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Sejumlah penyair ikut dalam kegiatan Silaturahmi Penyair Negeri 2019, serta peluncuran buku kumpulan puisi ‘Pesisiran’ dan ‘Perempuan Bahari’.  Acara diadakan di Wisma Perdamaian Semarang, kemarin.

“Untuk buku Perempuan Bahari ada 60 Penyair yang terlibat dalam pembuataannya. Sedangkan untuk buku Pesisiran ada 189 penyair,” ujar ketua panitia Gunoto Saparie.

Gunoto mengatakan, acara silaturahmi penyair rencananya akan digelar secara rutin dan dua tahun sekali. “Kita harapkan juga akan merilis buku antologi puisi dalam acara silaturahmi,” imbuhnya.

Sementara itu, dokter Hendrawan Nadesu, Penyair, Sastrawan, dan sekaligus pakar kesehatan menerangkan, jika antologi puisi tersebut bertujuan untuk merangkul para penyair di Indonesia.

“Banyak teman-teman penyair di Indonesia ini tidak bisa tampil karena tak bisa bikin buku. Komunitas Negeri Poci ini motivasinya bagaimana supaya penyair berbakat Indonesia bisa tertampung. Nah,  kita menampung karya mereka menjadi antologi puisi ini,” katanya.

Hingga saat ini, buku antologi puisi sudah masuk edisi ke 9. Dalam peluncuran buku pun menggunakan dana swadaya dari penyair sendiri.

“Harapannya pemerintah memperhatikan supaya kita penyair ini membuat buku lebih banyak dan menampung penyair-penyair lain. Karena sastra di beberapa negara merupakan aset bangsa,” katanya.ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here