Pihak Kepolisian ikut mengawal LJK LJU USBN siswa SD-MI yang datang ke Kantor Korwil UPTD Pendidikan Rayon Tengaran, setelah pelaksanaan UN, Senin (22/4/2019). Foto: Nena

TENGARAN – Kepala UPTD Pendidikan Rayon Tengaran, Kabupaten Semarang Sudarni menegaskan, kurir dari masing-masing sekolahan yang akan mengambil soal USBN SD-MI harus menandatanganani fakta integritas.

“Hal ini perlu kami dilakukan, sebagai upaya menjaga kerahasian soal ujian USBN muali dari hari pertama hingga usianya UN,” kata Sudarni kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Pihak sekolah yang telah mengutus kurir mengambil soal di Kantor UPTD Korwil Rayon Tengaran dan harus dilengkapi surat tugas dari Kepala sekolah masing-masing.

Sehingga, saat kurir atau guru yang ditugaskan mengambil soal ini diakui Sudarni diawali juga dengan penandatanganan fakta integritas. “Tahap berikutnya, ketika soal telah didepan para siswa untuk dikerjakan dan jam yang ditentukan dua jam pengerjaan usai kurir kembali membawa Lembar Jabat Uraian (LJU) dan Lembar Jawab Komputer (LJK) ke Korwil Rayon Tengaran,” paparnya.

Khusus LJK, langsung hari itu juga dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Jateng di Semarang. Sedangkan LJU, masih diinapkan di Kantor UPTD Korwil Rayon Tengaran untuk nantinya pada saat usai USBN keseluruhan akan diperiksa guru kelas 6 dari masing-masing sekolahan. “Pada intinya, semua proses tadi kami sangat berhati-hati dan menjaga betul kerahasiaannya,” tandasnya.

Ia menuturkan, semua soal ujian yang datang sejak sehari sebelum USBN digelar tiba di UPTD Pendidikan Tangan dikawal pihak Kepolisian. Sejumlah ini pelaksanaan USBN di Kecamatan Tengaran khususnya untuk SD-MI berjalan dengan lancar. “Soal ujian yang datang tiba tepat waktu, dan langsung dibagikan ke sekolahan tersebar di 77 raungan yang ada di Kecamatan Tengaran,” paparnya.

Pada saat penerimaan soal pun, semua tahapan dikawal pihak Kepolisian. Sehingga soal UN masuk kategori rahasia negara ini dijamin hingga ke tangan masing-masing peserta USBN. Sesuai jadwal, lanjutnya, untuk Senin (22/4/2019) siswa SD akan dihadapkan dengan mata ujian Bahasa Indonesia. Hari Selasa (23/4/2019) dilanjutkan dengan ujian Matematika.

Dan pada keesokan harinya, Rabu (24/4) mata ujian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di hari terakhir. Sendangkan, untuk Kabupetan Kota masih akan mengelar ujian hari ke empat yakni mata uji Agama. “Khusus mata ujian Agama ini, soal dari masing-masing Kabupetan Kota tidak lagi dari Pusat,” sebutnya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, ia mengimbau siswa agar menyiapkan diri dengan sebaiknya. Persiapan itu, katanya, diwujudkan dengan tekun belajar, menjaga kesehatan, serta memupuk rasa percaya diri dan berdoa sebelum mengikuti ujian.

Ia juga mengingatkan kepada orang tua agar lebih memperhatikan anak ketika berada di rumah. Menjauhkan anak dari gadget serta keperluan yang tidak penting dapat mengganggu konsentrasi anak menghadapi USBN. Sehingga hasil yang diperoleh nantinya menjadi kemudahan baik bagi orang tua sendiri maupun si anak, memperoleh sekolah lanjutan,” imbuhnya. nena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here