Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

Presiden Joko Widodo saat akan menjajal mobil Esemka. Foto: twitter setneg

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Esemka yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jumat (6/9/2019). Presiden menegaskan mendukung pengembangan otomotif nasional sehingga mau meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) ini.

Menurut Presiden Jokowi, mobil Esemka adalah brand dan principal Indonesia, dan merek sendiri yang sudah dirintis kurang lebih selama 10 tahun lalu oleh para teknisi, anak-anak SMK, dan sejumlah inisiator. Namun, diakuinya membuat mobil tidak hanya memproduksi saja, tetapi juga bagaimana cara menjualnya.

“Jika harganya tidak sambung dengan konsumen, siapa yang akan beli. Saya melihat bagaimana mesin dan komponen lain dirakit banyak sekali yang berasal dari dalam negeri. Artinya, konten lokalnya sudah baik meski saya tahu pasti belum sampai keangka 80 persen, apalagi 100 persen,” kata Jokowi.

Dalam kunjungannya itu, Presiden menjajal kemampuan mobil niaga untuk angkut ringan bernama Bima. Presiden duduk di bangku penumpang, sementara Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sebagai pengemudi berada di belakang setir saat acara peninjauan ke pabrik.

Esemka Bima merupakan kendaraan angkut ringan dengan bak terbuka yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Usai peninjauan, Presiden mengatakan pabrik tersebut akan memberikan efek berantai kepada industri dalam negeri.

“Baik pemasok, baik industri-industri menengah, baik industri-industri kecil, sampai industri rumah tangga yang berperan dalam rantai pasokan yang panjang sehingga membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya,” kata Presiden. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here