Pembekalan Calon Wisudawan Unissula, Lulusan yang ‘Beda’ Mudah Diterima Kerja

Pembekalan calon wisudawan Unissula. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Untuk memasuki dunia kerja, usai lulus kuliah memang butuh strategi. “Banyak strategi, yang penting jangan bingung. Yang harus diperhatikan ketika melamar, perusahaan pasti punya kualifikasi yang wajib dipenuhi. Perhatikan kualifikasi itu. Kalau tidak memenuhi kualifikasi cari peluang lain. Sebab perusahaan akan cari lulusan yang sesuai dengan lowongan yang mereka butuhkan saja, ” jelas Gita Aulia Nurani MPsi Psi dari Engineering Career Center (ECC) UGM, Selasa (23/4/2019).

Dia mengatakan saat pembekalan bagi 1.502 calon wisudawan S1 dan D3, Unissula Semarang di kampus Kaligawe. Acara dibuka oleh Wakil Rektor 3 Muhammad Qomarudin ST MT PhD.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan lagi adalah melalui semua proses termasuk membuat curikulum vitae. Agar diperhatikan dan punya keunggulan, maka harus beda. Sehingga pengalaman dan kelebihan harus ditonjolkan, jangan standar.

Arrumaisha Fitri MPsi Psi dari EEC menambahkan, saat mencari kerja coba menulis kelebihan dan skill yang dimiliki. Termasuk pengalaman organisasi dan lainnya yang menambah nilai plus, seperti kemampuan berbahasa asing dan pengalaman internasional dan lainnya. Langkah lain adalah mempromosikan diri sendiri, lewat media sosial.

Diakui, eksplorasi diri sangat penting mengingat persaingan mendapat kerja sangat ketat. Sedikitnya 600.000-an lulusan perguruan tinggi di Jateng saja dihasilkan pertahunnya, belum lagi jika nasional.

Ketua panitia pembekalan wisuda Zamroni SPsi MPsi Psi mengatakan, pemantapan soft skill ini perlu dilakukan bagi calon wisudawan. Untuk menambah hard skill yang sudah diperoleh saat pendidikan formal di kampus. Hal ini dilakukan lewat pembekalan psikis, spiritual dan juga pemberian motivasi dengan menghadirkan pakar. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here