Persiapan Coblosan di TPS, Petugas dan Warga Gelar Simulasi

SALATIGA – Jelang hari pencoblosan, panitia pemungutan suara bersama sejumlah warga di TPS 3 Ledok, Kecamatan Argomulyo, Salatiga pemungutan suata berkesempatan menggelar simulasi, di Salatiga, Selasa (16/4/2019).

Tempat yang akan dijadikan lokasi TPS itu, sebelumnya telah ditata sedemikian rupa mirip pelaksanan pemungutan suara.

Simulai mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara. Kegiatan ini sebagai upaya tidak ada keraguan atau pun hal meminimalisir kesalahan. Hal ini disampaikan Susianto, Ketua PPS 03 Ledok, Kota Salatiga, Selasa (16/4/2019).

Ia menuturkan, H-1 pencoblosan petugas pemungutan suara di TPS juga diharapkan dapat menyiapkan tempat, kesiapan dan semua kebutuhan saat coblosan tanpa ada kesulitan.

Dibantu warga setempat, pemukiman yang kedapatan akan menjadi TPS Pemilu esok hari, sejak Selasa (16/4) telah melakukan persiapan. Seperti dilakukan di TPS 3 Ledok, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. “Petugas TPS mulai menyusun meja dan bilik suara. Di TPS ini nantinya akan menampung sekitar 260 suara warganya,” ujar Susianto.

Ia menjelaskan, sekitar pukul 09.00 WIB logistik Pemilu tiba di TPS. Dan petugas dibantu warga mulai menyusun meja, kursi hingga bilik TPS yang akan digunakan esok hari. Dan selama pendistribusian, semua logistik dalam pengawalan ketat pihak TNI – Polri.

“Logistik Pemilu yang datang dari Kelurahan itu berjumlah lima kotak surat suara beserta kertas suara. Mulai dari Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten Kota,” paparnya. Di dalam kotak suara, juga disertakan tinta dan kebutuhan mencoblos lainnya.

“Sejauh ini tidak ada kendala dan semua logistik telah lengkap. Dan nantinya, TPS kami dijaga dua personil Linmas serta pihak TNI Polri,” paparnya. nena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here