Prof Yos saat menjalani sumpah dalam pelantikan rektor Undip. Foto: dok

SEMARANG-(Jatengdaily.com)- Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum kembali memimpin Undip, untuk lima tahun ke depan. Pengangkatan dalam Sidang Majelis Wali Amanat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Siang ini, Senin (29/4/2019).

Dalam sambutannya rektor mengatakan, Undip merupakan salah satu perguruan tinggi yang mumpuni di Indonesia. Prestasinya pun membanggakan, masuk dalam lima besar PT nasional versi Kemenristekdikti di tahun 2018.

Begitu juga dengan prestasi lainnya, termasuk kegiatan kemahasiswaan yang masuk rangking tiga di tahun 2018 ini. Belum lagi sebagai universitas nomer 1 dalam pengajuan HAKI. atau hak atas kekayaan intelektual.

Bahkan baru saja, mendapaatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Nasional – Badan Hukum (PTN-BH) terbaik ke dua nasional dalam pengelolaan program dan penganggaran dari Kemenristekditi.

Bagi Undip, proses pelantikan Rektor oleh MWA ini adalah yang pertama kali sejak Undip berstatus sebagai PTN-BH, di mana sebelumnya pelantikan Rektor dilakukan oleh menteri, saat status Undip masih sebagai Badan Layanan Umum (atau BLU).

Untuk mewujudkannya, menurut Prof Yos, pengembangan kampus Undip jangka panjang (sampai tahun 2039) harus berdasarkan Master Plan yang berorientasi pada empat hal, yaitu sebagai berikut. Academic Multidisciplinary Studies and Research; Science and Techno Park; Green and Sustainable; dan Living-Learning Community. Arah dan tujuan Strategis sebagaimana yang diinginkan dalam Kebijakan Umum tersebut harus dituangkan dalam dokumen perencanaan Undip yang terdiri dari rencana Induk Pengembangan (atau RIP) Undip 25 tahun dan Master Plan nya; Rencana Strategis (atau Renstra 5 tahunan), dan jabaran tahunan nya yaitu Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (atau RKAT). Hadir sejumlah pejabat, diantaranya Menristekdikti M Nasir. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here