Sudah Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Makkah

Separuh jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Makkah. Foto: dok kemenag

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Separuh jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Makkah Al Mukaramah. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Senin, 26 Agustus 2019 pukul 19.00 waktu Arab Saudi, sebanyak 52 persen atau 274 dari 529 kelompok terbang jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Kota Makkah.

“274 kloter itu terdiri dari 167 kloter jemaah gelombang I yang diberangkatkan ke Jeddah, dan 107 kloter jemaah gelombang II yang diberangkatkan ke Madinah,” jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Makkah Nurhannudin.

Sementara menurut Nurhan, berdasarkan data Siskohat Kesehatan, hingga sore tadi terdapat 271 jemaah haji Indonesia yang masih dirawat, baik di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

“Sementara jumlah jemaah haji yang wafat hingga hari ini mencapai 347 orang. Berdasarkan data yang masuk, paling banyak jemaah wafat di Makkah yaitu sebanyak 265 orang,” ujar Nurhan.

Jawa Tengah
Sementara itu 10.040 haji dariJateng/DIY sudah kembali ke daerah asal masing-masing. Kelompok terbang (Kloter 28) Debarkasi Surakarta dari Kabupaten Sleman, DIY tiba di Bandara Adi Soemarmo Selasa (27/8/2019) pukul 05.08 WIB, menumpang pesawat Garuda Indonesia GA 6228.

“Di Asrama Haji Donohudan Boyolali sudah ditunggu bus penjemput dari daerah. Setelah acara serah terima langsung dipulangkan ke Sleman sekitar pukul 06.45 WIB,” kata Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol PPIH Surakarta Agus Widakdo.

Jumlah 10.040 orang jemaah haji yang sudah tiba di Solo tersebut, berarti baru sekitar 28,9 persen dari seluruh anggota jamaah haji Debarkasi Surakarta yang berjumlah 34.756 orang. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here