TMMD Rampungkan Betonisasi Jalan Antardusun

Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono berjabat tangan dengan Komandan Kodim 0714 Salatiga, Letkol Inf Prayoga Erawan usai penutupan TMMD Sengkuyung di Desa Bedono Jambu, Kamis (8/8/2019). Foto : dok.Diskominfo Kabupaten Semarang.

JAMBU (Jatengdaily.com) – Jalan penghubung antara Dusun Jeruk Wangi dan Dusun Jurang, Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, saat ini kondisinya sudah baik setelah dilakukan betonisasi. Betonisasi jalan sepanjang 1.078 meter dengan lebar 3 meter tersebut dikerjakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Kodim 0714/Salatiga.

‘’Pekerjaan betonisasi jalan penghubung tersebut bisa diselesaikan 100 persen oleh anggota Kodim dibantu Polri, Pemkab Semarang, anggota Linmas dan masyarakat. Kegiatan TMMD kali ini juga telah menyelesaikan perbaikan 10 rumah tidak layak huni, perbaikan satu mushola dan perbaikan 20 rumah warga lewat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR,’’ jelas Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0714/Salatiga, Kapten Inf Untung Hardjanto saat penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II 2019 di lapangan Desa Bedono, Kamis (8/8/2019).

Untung mengungkapkan, seluruh pekerjaan dalam kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II tahun ini diselesaikan secara bergotong royong yang dilaksanakan selama sebulan. ‘’Total dana untuk mendukung kegiatan TMMD sebesar Rp 559.850.000. Dananya bersumber dari APBD Jateng, APBD Kabupaten Semarang serta swadaya masyarakat,’’ ungkapnya.

Selain pembangunan fisik, TMMD Sengkuyung di Desa Bedono juga memberikan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan. Selain itu ada beberapa kegiatan lain, di antaranya sosialisasi pengolahan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup, penerangan tentang pencegahan pernikahan dini dan penyakit DBD, serta pelatihan ketrampilan merangkai bunga oleh Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXV Kodim 0714.

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal Mochammad Effendi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Komandan Kodim 0714 Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan menegaskan kerja sama antara TNI dan komponen masyarakat untuk menyelesaikan program TMMD merupakan sinergitas yang positif untuk meyiapkan kondisi juang yang tangguh bagi pertahanan negara.

‘’Pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ tegasnya. rus-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here