KKN Undip di Tegal Sosialisasi Pengelolaan Sampah

0
166
Mahasiswa KKN Undip dalam sosialisasi pengelolaan sampah di Desa Pamiritan, Kabupaten Tegal. Foto: tim KKN Undip

TEGAL (Jatengdaily.com) – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) belum lama ini melaksanakan program sosialisasi mengenai pengelolaan sampah di Desa Pamiritan, Kabupaten Tegal. Sosialisasi mengenai pengelolaan sampah di Desa Pamiritan menghadirkan narasumber dari ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia) dan dihadiri perangkat desa serta masyarakat setempat.

Trias Setiaji perwakilan dari ASOBSI Kabupaten Tegal menyampaikan materi kondisi pengelolahan sampah di kabupaten tersebut dan teknis pembentukan bank sampah. Menurut Trias, pembentukan bank sampah sangatlah mudah namun butuh komitmen yang besar dalam mengelola bank sampah untuk jangka panjang.

Sedangkan Bambang selaku Ketua Tim Pengelolaan Sampah Desa Balapulang Wetan, mengungkapkan pengelolaan sampah di Desa Balapulang Wetan sudah berjalan dengan baik dan diharapkan dapat menjadi percontohan untuk seluruh desa di Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Sementara itu Yos selaku pengurus ASOBSI Kecamatan Balapulang menyampaikan materi mengenai pengelolaan sampah organik serta budidaya lalat magoot. Menurut dia, pengelolaan organik dapat dimanfaatkan untuk bahan budidaya lalat magoot. Melalui metode ini tidak hanya sampah organik yang berkurang secara alami oleh belatung dari lalat maggot. Kemudian nantinya telur lalat yang dihasilkan dapat dipanen dan dijual.

Acara Sosialisasi ditutup oleh Dimas Aditya Nugraha mahasiswa KKN Undip Fakultas Teknik. Dimas menyampaikan materi mengenai teknik pirolisis sebagai salah satu cara pengolaan limbah plastik untuk diekstrak minyaknya yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Dalam sesi ini dia menjelaskan bahwa sampah plastik yang dilelehkan melalui teknik pirolisis dapat diubah menjadi bahan bakar.

“Diharapkan melalui program sosialisasi ini masyarakat Balapulang, khususnya di Desa Pamiritan dan memahami bahwa jika sampah dikelola dengan baik maka akan membawa dampak yang baik bagi lingkungan dan secara ekonomi “ tutur Dimas. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here