Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Agama Islam Unissula mengadakan kegiatan pelatihan kecakapan keberagamaan di Pondok Pesantren Al Hanafiyah Bareng Jekulo Kudus. Foto: dok

KUDUS (Jatengdaily.com)- Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Agama Islam Unissula mengadakan kegiatan pelatihan kecakapan keberagamaan atau sering disebut dengan  religious literacy di Pondok Pesantren Al Hanafiyah Bareng Jekulo Kudus pada hari Senin (13/1/2020).

Pondok pesantren yang berada di bawah asuhan KH Muhammad Afif Hanafi tersebut termasuk dalam jaringan pesantren di daerah Bareng Jekulo Kudus. Kudus merupakan kota dimana sering pilihan untuk para santri dari berbagai penjuru Nusantara.

Berbekal pengalaman di bidang moderasi keberagamaan, Tim yang diketuai oleh M Noviani Ardi memulai kegiatan dengan perencanaan dan komunikasi dengan pihak pesantren sejak beberapa bulan terakhir.

Pelatihan Kecakapan Keberagamaan dirasakan perlu bagi generasi muda terutama para santri sebagai generasi milenial.  Menghadapi tantangan zaman, dibutuhkan sebuah soft skill kecakapan keberagamaan. Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam budaya, agama dan latar belakang, kecakapan ini  akan menjadi bekal para santri pada saat terjun di masyarakat, hal ini disampaikan oleh salah satu nara sumber yaitu Dr Agus Irfan MPI.

Pihak pondok pesantren menyambut hangat kegiatan semacam  ini  dan berharap untuk lebih berkesinambungan. KH M Afif Hanafi sebagai pengasuh pondok dalam sambutannya  menyampaikan sejarah singkat tentang syiar Islam di daerah Jekulo Kudus.

Kematangan praktik keberagamaan sudah semestinya terus digiatkan dalam konteks masyarakat Indonesia yang beragam.  Hal ini sejalan dengan cita-cita pondok pesantren Hanafiyyah dimana kematangan kecakapan keberagamaan ini tidak serta merta muncul begitu saja, akan tetapi juga di pengaruhi oleh banyak faktor.

Karenanya tim pengabdian masyarakat ini ingin berkontribusi dalam membangun sikap kematangan keberagamaan bagi generasi muda.

Antusiasme para santri dengan tema ini juga nampak dari berbagai tanggapan dan pertanyaan seputar kecakapan Acara pelatihan religious literacy bertemakan keberagaman dalam keberagamaan dilengkapi dengan sesi tanya jawab oleh para santri dan dewan asatidz pondok pesantren Al Hanafiyah. Di akhir acara, Tim Pengabdian masyarakat FAI memberikan kenang-kenangan kepada seluruh peserta pelatihan berupa buku “Bangkitnya Islam, Bangkitnya Ilmu Pengetahuan” karya salah seorang pemateri, Ahmad Mujib El Shirazy. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here