Dekan FH Unissula Prof Dr Gunarto didampingi Ketua YBWSA Tjuk Subhan Sulchan dan sejumlah ketua prodi, usai penyerahan sertifikasi akreditasi internasional ASIC, dari ketua YBWSA. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) –Seluruh Program Studi (Prodi) di Fakultas Hukum (FH) Unissula berhasil meraih akreditasi internasional dengan nilai Premier (A) dari badan akreditasi internasional, Accreditation Service of International School, Colleges & University (ASIC), dari Inggris.

Empat prodi itu masing-masing adalah S1 Ilmu Hukum, S2 Magister Kenotariatan (MKn), S2 Magister Ilmu Hukum, dan S3 Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH).

Dekan Fakultas Hukum Unissula Prof Dr Gunarto mengatakan, raihan semua Prodi dengan nilai A merupakan perjalanan bersejarah, dan baru sekali ini. ”Unissula diakui internasional, dengan akreditasi internasional. Ini berkat dukungan dari semua pihak, pimpinan fakultas, pimpnan prodi dan termasuk yayasan. Juga dosen dan civitas akademika.

Yayasan memberi dukungan besar, mulai dari infrastruktur, anggaran, dan semuanya saat proses pengajuan. Apalagi penyiapan borang hanya dua bulan. Semua juga tidak terlepas dari Allah SWT,” jelas Prof Gunarto, Senin (20/1/2020), dalam tasyakuran atas diraihnya akreditasi internasional Premier (A) seluruh prodi FH Unissula oleh lembaga ASIC Inggris, di kampus. Hadir para dosen, ketua prodi dan Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Tjuk Subchan Sulchan.

Saat diumumkan, menurutnya, semua bertasbih dan bahagia, menerima kenikmatan Allah. ”Barang siapa bersyukur akan ditambah nikmat. Marilah kita jadikan momentum ini untuk meningkatkan kualitas. Sehingga reputasinya tidak hanya nasional tapi internasional. Sehingga kepercayaan masyarakat akan lebih meningkat,” jelasnya.

Menurutnya, sebeltulnya visi terakreditasi internasional, ditarget 2025. Namun, tahun 2020, sudah tercapai. Hal ini pembuktian, diakui di kancah Internasional. Sedangkan akreditasi internasional dilakukan setelah prodi terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

ASIC sendiri adalah badan akreditasi independent di Inggris yang memiliki spesialisasi dalam melakukan akreditasi sekolah, perguruan tinggi, universitas, penyedia pendidikan online, dan lainnya, yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here