Gibran Tetap di PDIP, Bila Tak Peroleh Rekomendasi Pilkada

0
100
Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming Raka. Foto: dok

SOLO (Jatengdaily.com) – Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan dua bakal calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo serta Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, menjalani fit and proper test di DPP PDI Perjuangan Senin (10/2/2020).

Uji kelayakan ini dilakukan sebelum turunnya rekomendasi DPP PDIP calon yang diusung dalam Pilkada Kota Solo 2020.

Sampainya di DPP PDIP, sebelum menjalani uji kepatutan dan kelayakan ketiga bakal calon dijamu makan siang. Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dihidangkan sambal terasi khusus khas PDI Perjuangan, bersama pecel. Pokoknya menunjukkan komitmen PDI Perjuangan, para tamu kami jamu dengan makanan khas Indonesia.

Gibran sendiri usai uji kelayakan mengatakan, dirinya tetap akan setia menjadi kader PDIP meskipun jika nanti tak mendapat rekomendasi Pilkada dari DPP. “Jika tidak mendapat rekomendasi sekalipun, saya tetap akan berkomitmen untuk membesarkan partai,” ujar Gibran.

Gibran mengaku mempunyai komitmen untuk membesarkan partai dengan gotong royong. Selain itu juga melibatkan berbagi unsur baik kultur maupun struktur.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Kota Solo selalu menjadi daerah penting dan strategis bagi PDIP selama ini. Bahkan kepemimpinan Presiden Jokowi pun juga dimulai dari Kota Solo sebagai Wali Kota.

Hasto menerangkan, aspirasi masyarakat akan menjadi salah satu aspek penilaian dalam fit and proper test yang digelar tertutup ini. Selain itu, akan dilihat komitmen dan cara kepemimpinan para bakal calon tersebut.

Sedangkan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto seperti dikutip dari Liputan6.com menilai, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bakal calon wali kota Solo merupakan hal yang biasa dilakukan di kantor DPP. Uji kelayakan tersebut, kata dia memberikan kesempatan yang sama kepada calon yang dipanggil yaitu Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa.

“Soal fit and proper itu adalah standar. Kalau bertanya soal dipanggilnya cawalkot Solo, iya, bakal calon. Itu nanti akan hadir Mas Gibran, Pak Purnomo, dan Mas Teguh. Jadi tiga orang. Itulah fit and proper yang akan dijalani. Untuk equal treatment saja, semua akan jalani,” ujar Bambang. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here