Para wisatawan menikmati suasana destinasi wisata di Kota Lama Semarang yang dikenal dengan bangunan kuno dan masih asli. Foto: Ody

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Upaya Pemerintah Kota Semarang merevitaslisasi Kota Lama di Kota Semarang ternyata membuahkan hasil. Dari catatan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, kunjungan wisatawan di Jateng selama 2019, di Kota Lama begitu signifikan.

“Untuk destinasi Kota Lama dan Lawangsewu di Kota Semarang menempati posisi kedua setelah Candi Borobudur untuk wisatawan lokal,” ujar Kepala Disporapar Jateng Sinoeng N Rachmadi

Sinoeng mengatakan, Kota Lama dan Lawangsewu mengeser posisi destinasi wisatawa di Taman Balekambang Solo Jawa Tengah yang menempati urutan ketiga.

“Padahal sebelumnya Kota Lama masuk ditatataran 10 besar kunjungan wisatawan di Jateng,” ujarny, Selasa (11/10/2020).

Selain itu, wisata Kota Lama juga menempati posisi ketiga untuk kunjungan wisatawan asing (mancanegara) setelah Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Adapun jumlah kunjungan selama satu tahun terakhir untuk wisatawan lokal, Candi Borobudur jumlah kunjungan kurang lebih 3,4 juta, disusul Kota Lama dengan 2,6 juta, kemudian disusul Taman Balekambang Solo ketiga dan Candi Prambanan di posisi ke empat.

Sementara untuk kunjungan wisatawan asing atau mancanegara di Candi Borobudur masih menjadi daya tarik tersendiri dengan jumlah kunjungan kurang lebih 240 ribu wisatawan, disusul Candi Prambanan 171 ribu sedangkan posisi ketiga Kota Lama kurang lebih 57 ribu

“Untuk jumlah seluruh wisatawan di Jateng selama 2019 mengalami kenaikan 12 persen menjadi Rp 57.9 juta yang sebelumnya pada 2018 jumlah kunjungan 49.7 juta,” jelas Sinoeng.

Untuk wisatawan mancanegara yang mendominasi ke Jawa Tengah yakni Prancis sebanyak 16 persen, Belanda 10,10  persen, Malaysia 9,80 persen, dan Inggris 5,70 persen.

“Hal ini tidak lepas kecenderungan mereka adanya keberadaan candi di Jawa Tengah yang sangat dekat dengan agama dan kepercayaannya,” kata Sinoeng. Ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here