Menteri Agama Fachrul Razi

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Pelaksanaan ibadah puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri kali ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, di situasi pandemi virus Corona Covid-19.

Oleh karena itu, untuk memutus penyebaran dan penularan Covid-19 di tengah masyarakat, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengajak umat Islam mengisi malam Idul Fitri 1441 H dengan mengumandangkan takbir, tahmid, dan tasbih sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Dia mengatakan, pada situasi normal takbiran bisa dilaksanakan secara bersama-sama baik di masjid, musala, atau berkeliling dengan mobil atau kendaraan lainnya.

Namun di saat terjadi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pemerintah menganjurkan masyarakat melaksanakan takbir di rumahnya masing-masing demi menjaga keselamatan dan kesehatan semua.

“Walau di rumah, gema takbir di masjid, musala dan surau harus tetap dikumandangkan untuk menjaga syiar agama, tetapi hanya dilakukan oleh 1 atau 2 orang saja,” tutur Zainut melalui siaran persnya, Jumat, 22 Mei 2020.

Tak hanya malam takbiran, pelaksanaan salat Idul Fitri juga alangkah lebih baik jika dilaksanakan di rumah saja. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi, dalam sejumlah kesempatan.

“Saya imbau umat Islam menjalankan salat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama dalam penanganan Covid-19,” kata Fachrul. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here