Jokowi Tanam Vetiver Bareng Warga di Wonogiri

0
146
Presiden Jokowi saat melakukan penanaman vetiver di Wonogiri. Foto: dok/twitter setkab

WONOGIRI (Jatengdaily.com) – Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, menghadiri penghijauan melalui sistem agroforestry di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri Sabtu (15/2/2020). Dalam kegiatan itu, Presiden melakukan penanaman 1.000 vetiver serentak di Kabupaten Wonogiri bersama warga setempat.

Kunjungan pertama Presiden dilakukan di kebun desa yang dilaksanakan Kelompok Tani Mulyo Jati di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono Wonogiri.

Presiden menjelaskan tanaman vetiver adalah rumput yang ditanam di lereng-lereng keras. Ujung akar vetiver dapat seperti jangkar yang kuat menembus tanah. Hal ini dapat mencegah erosi sehingga vetiver dijuluki kolom hidup.

Jokowi menyebut ada 82 ribu bibit tanaman vetiver yang ditanam hari ini. Namun ke depannya bisa puluhan juta yang ditanam di daerah-daerah. Mengingat tanaman ini sangat efektif mencegah longsor.

Presiden juga mengungkapkan bahwa di Wonogiri ada Waduk Gajah Mungkur yang sedimentasinya tiap tahun 3,2 juta kubik. Kalau tiap tahun cuma dikeruk, tidak akan selesai, sehingga penanaman pohon di kawasan hulu ini menjadi salah satu solusi mengatasinya.

Usai meninjau kebun bibit, Presiden didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan penanaman vetiver yang diikuti 1.000 warga di sekitar Desa Jatisari. Dalam kunjungannya Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here