in

Perguruan Tinggi Harus Cepat Adaptasi di Era Digital

Prof Laode M Kamaluddin. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Perkembangan digital yang terjadi saat ini ikut berpengaruh pada sistem pembelajaran di tingkat universitas. Dalam hal ini, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mengundang Prof Laode M Kamaluddin MSc MEng PhD, untuk berbicara tentang digital university leadership toward sustainable and modern digital LMS, yang telah dilaksanakan Senin (9/8/2021).

Prof Laode yang merupakan Rektor pertama Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) tersebut mengungkapkan pentingnya memperbarui sistem pembelajaran dengan mempertimbangkan digital managemen sistem di era 4.0. “Dengan sistem pembelajaran berbasis digital, tidak ada lagi jarak, maupun space yang menghambat proses pembelajaran, jadi bisa dilakukan secara anytime, dan everywhere”, jelasnya.

Selanjutnya mantan ketua Farum Rektor Indonesia tersebut melanjutkan bahwa untuk mewujudkan sistem pembelajaran berbasis digital, harus ada dukungan dari semua elemen di universitas Atau Perguruan Tinggi. “Semua elemen dalam universitas harus saling mendukung untuk terciptanya digital leadership. Sehingga nantinya milenial-milenial yang sangat digital sekarang ini bisa ditampung di universitas yang saat ini masih berbasis offline”, ungkapnya.

Sementara itu Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD berharap nantinya Unissula dapat belajar dengan UICI terkait penerapan sistem pembelajaran digital, yang menjadi pelopor kampus digital di Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknologi Informatika (FTI) Unissula. “Nanti harapannya kami bisa belajar bareng UICI terkait penerapan learning management system ini,” harapnya.

Turut hadir dalam acara ini Pimpinan Universitas, Dekan Fakultas, Ketua Dewan Etik, Direktur RSIGM, Wakil Dekan I/Sekretaris Fakultas, Wakil Dekan II Fakultas, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Kepala dan Sekretaris Unit/Lembaga/Biro/Satuan, Kabid, Kasubbid Unit Kerja dan Staf Khusus Rektor di lingkungan Unissula. she 

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

DPRD Pantau Kesiapan Atlet Sepatu Roda Jateng

Beralih ke Digital, Mulai Agustus Kemenag Setop Penerbitan Kartu Nikah Fisik