in

Ini 4 Penjabat Kepala Daerah di Jateng yang Dilantik Ganjar Pranowo

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik empat Penjabat (Pj) Kepala Daerah. Foto: humas prov jateng

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Empat Penjabat (Pj) kepala daerah dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Grhadhika Bhakti Praja, Minggu (22/5/2022).

Keempat Pj Kepala Daerah yang dilantik tersebut masing-masing, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi sebagai Penjabat Wali Kota Salatiga, Kepala Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Tri Harso Widirahmanto (Penjabat Bupati Banjarnegara), Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Edy Supriyanta sebagai Penjabat Bupati Jepara serta Sekretaris Daerah Kabupaten Batang, Lani Dewi Rejeki sebagai Penjabat Bupati Batang.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya telah komunikasi dengan Mendagri terkait empat penjabat yang disiapkan tersebut. “Beliau (Mendagri) mem-briefing kepada kami untuk memberikan rambu-rambu kepada para penjabat ini,” kata Ganjar, ditemui usai pelantikan.

Rambu-rambu tersebut diberikan karena kewenangan empat Penjabat Kepala Daerah tersebut berbeda dengan Kepala Daerah dari hasil pilkada. Maka Penjabat Bupati/Wali Kota tidak boleh mengganti dan tidak boleh mencabut izin, agar stabilitas pemerintahan bisa berjalan. Termasuk netralitas dalam Pilkada dan harus menyiapkan Pilkada berikutnya dengan baik.

“Saya minta untuk menjaga integritas karena banyak (contoh) yang kemudian bermain-main. Layani masyarakat dengan baik, karena mereka semua PNS saya minta kerja dengan baik, kerja yang profesional. Saya peringatkan juga semua punya gerakan antikorupsi. Ini kan bisa jadi dua tahun (menjabat),” jelasnya.

Ganjar juga berpesan pada empat penjabat kepala daerah tersebut untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat, cepat pula dalam pengurusan berbagai perizinan, penanggulangan tengkes (stunting) dan pernikahan usia muda, membantu para pelaku UMKM bangkit pascapandemi COVID-19, menurunkan angka kemiskinan, serta pencegahan tindak pidana korupsi.

Selain itu, ada juga permasalahan yang harus segera diatasi terkait dengan penyakit hepatitis akut dan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, serta menyiapkan pilkada dengan baik.

Tak lupa Ganjar menyampaikan terima kasih pada keempat kepala daerah definitif sebelumnya yang telah menjalankan tugas dengan baik. yds

Written by Jatengdaily.com

Ganjar Ingin Borobudur Marathon 2022 Diikuti 10.000 Pelari

ITB Semarang Kembali Memfasilitasi Lulusan SLTA untuk Kuliah dan Kerja