in ,

MotoGP Mandalika, Penantian 25 Tahun

Sirkuit MoytoGP Mandalika di NTB. Foto: twitter

MANDALIKA (Jatengdaily.com) – Perhelatan MotoGP Mandalika akhir pekan ini menjadi pertaruhan Indonesia di mata dunia. Sirkuit yang terus dikebut pengerjaannya, bahkan hingga sepekan menjelang hari H menunjukkan keseriusan menuju kesuksesan kejuaraan dunia motor tersebut.

Saat tes pramusim MotoGP bulan Februari lalu muncul sejumlah masalah baru seperti aspal mengelupas hingga melukai sejumlah pembalap. Namun pascainsiden tersebut, juga langsung ditindakljuti secara kilat khususnya dengan pengaspalan ulang.

Pihak Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) selaku kontraktor utama pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika sangat yakin lintasan di Lombok, NTB siap digunakan untuk menggelap MotoGP setelah rampung diaspal ulang. Sekitar 17,5 persen dari total lintasan sepanjang 4,3 kilometer sudah rampung harus diaspal ulang.

FIM dan Dorna mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat seperti pasir, debu dan kerikil, di atas lintasan, sehingga merekomendasikan pengaspalan ulang sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5.

PT Pengembang Pariwisata Indonesia ITDC menyatakan, proses pengaspalan ulang telah dikerjakan dan rampung Rabu (9/3/2022) sekitar sepekan sebelum sesi latihan pertama MotoGP.

“Jujur ini berjalan sangat baik. Hasil yang kami dapati dengan pengaspalan ulang ini telah membuat kami sangat yakin memiliki hasil sebaik mungkin yang bisa diraih dengan waktu sangat singkat,” kata General Manager RMI Simon Grandini dikutip laman remsi MotoGP.

“Biasanya permukaan seperti ini dikerjakan lebih lama tiga atau empat bulan sebelum ajang, jadi kami menunggu ketika motor-motor tersebut ke lintasan untuk melihat bagaimana hasilnya dalam waktu yang singkat itu.”

Tentang grip, para pakar grip telah dilibatkan untuk menguji daya cengkeraman lintasan serta Gardini mengklaim level grip telah ditingkatkan 80 persen. “Bahkan mungkin di sana lebih banyak grip ketimbang bagian trek yang tidak diaspal ulang,” jelasnya.

Sejumlah tes untuk lintasan dijadwalkan digelar Kamis sebelum motor-motor Moto3, Moto2 dan MotoGP mengaspal di sesi latihan bebas pagi berikutnya.

Sirkuit Pertamina Mandalika sepanjang 4,3 km memiliki lintasan lurus sejauh 507 meter. Dengan 11 tikungan ke kanan dan enam tikungan ke kiri, sebagian besar merupakan tikungan cepat, sirkuit ini dengan panorama perbukitan dan pantai di pesisi selatan Lombok menawarkan banyak kesempatan pembalap untuk menyalip.

Dengan digelarnya MotoGP Mandilka pada tahun 2022 ini menjadi jawaban penantian panjang para fans MotoGP di Indonesia yang terkenal sangat banyak tersebut. Mengingat Kejuaran Dunia MotoGP di Indonesia terakhir kali digelar di Sirkuit Sentul tahun 1997 atau 25 tahun lalu. yds

Written by Jatengdaily.com

Pertamina Kembali Gelar Program Beasiswa, Ini Persyaratannya

Gagal di Qatar, Pembalap-pembalap Ini Ingin Tebus Kejayaan di MotoGP Mandalika