in

Bawaslu Wujudkan Pemilu Ramah Perempuan

Badan Pengawas Pemilu. Foto: PMJNews

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menegaskan peran aktif Bawaslu dalam upaya mewujudkan pemilu yang ramah perempuan.

Salah satu upaya Bawaslu tersebut ungkap Lolly, adalah dengan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait prinsip adil gender dalam pemilu. Ini terbukti, dari seringnya Bawaslu melakukan pengawasan partisipatif bersama stakeholder, khususnya kelompok perempuan.

“Semua ini kami (Bawaslu) lakukan dengan tujuan untuk mengawasi dan memberi jaminan hak memilih dan hak dipilih sesuai kontitusi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, bermartabat serta inklusif,” terangnya, dilansir dari laman bawaslu, Senin (29/4/2024).

Kemudian dia menambahkan, Bawaslu berkomitmen untuk memastikan terwujudnya kebijakan pemilu afirmatif bagi perempuan dalam pencalonan legislatif.

Hal tersebut dilatarbelakangi dari aspirasi masyarakat peduli keterwakilan perempuan yang pernah beraudiensi ke Kantor Bawaslu, yang menolak pasal 8 ayat (2) PKPU 10/2023 tentang tata cara penghitungan keterwakilan 30 % Caleg perempuan dengan cara pembulatan ke bawah.

“Komitmen ini disampaikan dalam forum Tripartit penyelenggara pemilu, sebagai bentuk tindak lanjut dari banyaknya aspirasi mengenai penolakan aturan penghitungan 30 persen jumlah bakal calon perempuan dalam Pasal 8 ayat (2) huruf b Peraturan KPU (PKPU) 10/2023,” ucapnya. she 

Written by Jatengdaily.com

Turut Harumkan Indonesia, Timnas U-23 Muhammad Ferrari dan Daffa Ternyata Anggota Polri

Event Supermusic Superstar Intimate Session di Semarang Bakal Hadirkan Shaggydog