in ,

Departemen Biologi FSM Undip Gelar Visiting Lecturer untuk Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa di Bidang Biologi Modern

Peserta Visiting Lecturer yang digelar Departemen Biologi FSM Undip foto bersama. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Visiting Lecturer, yang telah berlangsung 7 Mei 2024 dengan menghadirkan narasumber Assoc. Prof. Dr. Khanom Simarani, yang merupakan dosen dari Institute of Biological Science, Faculty of Science, Universiti Malaya, Malaysia.

Ketua Departemen Biologi, FSM Undip, Prof. Sapto P. Putro, Ph.D mengatakan, Departemen Biologi FSM Undip selalu berkomitmen untuk menghadirkan narasumber pakar, peneliti atau dosen dari luar negeri yang mumpuni dan berkompeten di bidangnya dari universitas bereputasi internasional untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang biologi modern dan terapannya sesuai dengan Visi Misi Departemen Biologi FSM Undip, yang saat ini telah terakreditasi International by ASIIN. Hal ini bertujuan untuk mendukung reputasi internasional Undip sebagai kampus Word Clas University .

Dr. Khanom berasal dari universitas bereputasi, yang berada di peringkat 65 dalam Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking pada tahun 2024 dan rangking 226 di Universitas Global US News & World Report pada tahun 2023.

Ketua Departemen Biologi, FSM Undip, Prof Sapto P Putro menyerahkan sertifikat kepada Prof Dr Khanom Simarani dari Universiti Malaya, Malaysia atas partisipasinya sebagai narasumber. Foto: dok

Dr.rer.nat. Anto Budiarjo, MSc selaku PIC sekaligus moderator Visiting Lecturer manambahkan, tema mikroorganisme sangat relevan dalam dunia biologi modern khususnya peran mikroorganisme dalam kehidupan sehari-hari dalam mempertahankan kehidupan di muka bumi ini.

”Misalnya, seperti dalam pengolahan makanan olahan dimana mikroorganisme membantu fermentasi untuk meningkatkan kadar protein dan gizi. Selain itu juga digunakan dalam bidang obat-obatan, lingkungan, kesehatan tubuh dan masih banyak lagi,” jelasnya, Selasa (14/4/2024).

Sementara itu, Prof Dr Khanom Simarani dalam kesempatan tersebut mengambil tema The Important Role of Microorganisme Sustaining Life. Menurutnya, mikroorganisme mempunyai peran penting bagi makhluk hidup dalam mempertahankan kehidupan di muka bumi. Pasalnya, mikroorganisme memiliki banyak manfaat. Tanpa bakteri tertentu, tubuh manusia tidak akan mampu menyerap bahan makanan yang diperlukan. Selain itu, proses produksi vitamin juga membutuhkan bantuan bakteri.

Mikroba, misalnya, dapat digunakan untuk produksi bahan aktif seperti antibiotik, enzim, antiparasit, dan antioksidan. Pigmen dari mikroba juga dapat dimanfaatkan untuk obat dan makanan. Pemanfaatan mikroba digunakan untuk bahan pembuatan vaksin dan protein manusia.

Mikroorganisme bekerja dalam proses penguraian bahan organik, hewan yang mati dan daun yang terjatuh lalu membusuk adalah salah satu bentuk penguraian dari mikroorganisme yang berfungsi untuk menetralkan zat sisa agar dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya.

Hadir juga dalam acara tersebut para dosen di lingkungan Departemen Biologi, diantaranya Prof. Hermin Pancasakti, Dr. Sri Pujianto, Dr. Dita Cahyani, Dr. Nuhayati, Dr. Arina Trilunggani, Dr. Susiana P, dan sekitar 200 mahasiswa S1 regular dan International Undergraduate Program (IUP) Biologi, dan S2 Biologi. she

Written by Jatengdaily.com

Tim PkM USM Kembangkan Wirausaha Mandiri bagi UKM di Kelurahan Tlogosari Wetan

Dr Supari Dikukuhkan sebagai Dewan Kehormatan Peradi Kota Semarang