in

Presiden Jokowi Sumbang Hewan Kurban di Setiap Provinsi, Termasuk di IKN

Sapi Limosin berbobot 1,23 ton, segera dibawa ke MAJT Semarang sebagai hewan kurban Presiden Jokowi. Foto: dok

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Presiden Joko Widodo akan menyumbangkan hewan kurban berupa sapi bagi setiap provinsi di Indonesia, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam rangka menyambut Iduladha 1445 H yang jatuh pada 17 Juni mendatang.

Berdasarkan keterangan Sekretariat Presiden RI, Presiden Jokowi akan menyalurkan total 68 ekor sapi kurban tersebut ke pemerintah di 38 provinsi, satu ekor untuk OIKN, satu ekor untuk masjid tempat Presiden melaksanakan shalat Iduladha, satu ekor untuk Masjid Istiqlal.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan memberikan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur serta masjid dan pondok pesantren di dekat kawasan IKN.

“Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu (ekor), termasuk OIKN satu (ekor), dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden,” terang Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Menurut Kepala Heru, sapi-sapi kurban Presiden Jokowi beratnya bervariasi, antara 800 kilogram hingga 1 ton setiap ekor. Sekretariat Presiden akan bekerja sama dengan dinas pertanian dan peternakan di masing-masing daerah guna memastikan bahwa sapi-sapi kurban tersebut telah melalui proses pemeriksaan kesehatan sehingga aman dikonsumsi masyarakat.

“Kami pastikan semua sapi selama proses pemilihan tersebut melalui rangkaian (tes) kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan,” ujar Kepala Heru. she 

Written by Jatengdaily.com

Dampak Judi Online Bisa Membuat Miskin Pelakunya

Cahyo Awwali, Disabilitas Penjual Kebab Kini Miliki Sepeda Listrik dan Sekolah