in

Upacara Peringatan Harkitnas 2024 di Undip Menarik, Ada Hadiah Kambingnya

FISIP Undip menerima hadiah dari Rektor Undip berupa seekor kambing. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei menjadi pengingat bangsa Indonesia atas mulainya tonggak perjuangan nasional. Pada Senin, 20 Mei 2024, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan upacara bendera di lapangan Widya Puraya dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116. Melalui acara ini, gelora semangat kebangkitan kembali digaungkan di lingkungan Undip yang dihadiri oleh segenap civitas academica Undip.

Rektor Undip, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. bertindak sebagai pembina upacara membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi. Tanggal 20 Mei adalah tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo, tonggak kebangkitan nasional yang pertama. Kini bangsa Indonesia berada di fase kebangkitan kedua, melanjutkan fase pertama yang diperjuangkan oleh pimpinan bangsa seabad lalu. Kemajuan teknologi menandai perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Dengan optimisme dan penuh keyakinan, mari rayakan fase kebangkitan kedua menuju Indonesia Emas.

Rektor Undip juga mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika dan tendik yang mengikuti upacara bendera dengan tertib . Prof. Suharnomo menyebutkan bahwa hari ini adalah momen kebangkitan cendekiawan.

“Menurut BJ Habibie, cendekiawan adalah orang yang peduli pada masyarakat dan alam sekitar. Undip dalam upaya untuk berperan bagi masyarakat Jawa Tengah, membuat teknologi desalinasi yang dapat mengubah air payau menjadi air tawar dengan kualitas setara air minum. Kita jadikan momen ini agar Undip lebih bermanfaat dan lebih merakyat. Tanggal 15 Mei kemarin kita adakan acara ‘Duduk Bareng Rektor’, kita diskusi karena kampus milik bersama. Alhamdulillah Undip termasuk satu dari enam PTN yang tidak menaikkan UKT,” jelasnya.

Pada momen upacara peringatan Harkitnas tahun 2024 ini, Rektor Undip menyerukan tagline baru yakni “Undip Bermartabat, Undip Bermanfaat, Undip Jaya.” Bermartabat, memiliki arti dalam pelaksanaan kebijakan mengikuti moralitas dan SOP good university governance; Bermanfaat, Undip membawa manfaat yang terus mengalir (eternity); Jaya, menjaga keberlangsungan atau sustainability.

“Akademik akan menjadi panglima di kampus ini, dan kompetensi mahasiswa menjadi arus utama. Kita semua harus berperan di masyarakat dan mahasiswa can compete in labor market,” ucap Prof. Suharnomo.

Hal menarik dan unik pada peringatan upacara peringatan Harkitnas tahun 2024 kali ini adalah kehadiran seekor kambing di akhir acara. Untuk semakin menguatkan niat dan membangkitkan semangat peserta mengikuti upacara, Rektor Undip memberikan hadiah seekor kambing kepada unit/Lembaga/ Fakultas yang mengikuti upacara dengan tertib dan khidmat. Pada upacara kali ini hadiah seekor kambing diberikan kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan formasi terlengkap, antusias dan semangat mengikuti upacara.

Dekan FISIP Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono., M.Pol.Admin mewakili segenap civitas academica FISIP Undip menerima hadiah dari Rektor Undip berupa seekor kambing. “Kita berikan penghargaan kepada unit yang paling seru. Menikmati dan have fun dalam upacara, juga tetap khidmat dan rapi,” kata Prof. Suharnomo.

“Dekan adalah komando utama, yang paling mengetahui stafnya dan bagaimana tata kerjanya. Semoga upacara selanjutnya barisan tetap rapi dan khidmat,” pungkas Rektor Undip. she

Written by Jatengdaily.com

Tingkatkan Wisatawan, Jawa Tengah Garap Gerakan Ramah Wisata

Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Capai 1.554 Orang