in

Operasi Pasar, Pantau Lonjakan Harga

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto saat melakukan operasi pasar. Foto: Ugl

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Dinas Perdagangan Kota Semarang bersama BPOM menggelar operasi pasar di Pasar Waru dan relokasi Pasar Johar, Rabu (8/5/2019).

Operasi pasar tersebut dilakukan untuk memantau harga komoditi sembako dan memastikan barang tersebut aman dijual ke konsumen. Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, dari hasil operasi tersebut, ada sejumlah kebutuhan barang pokok harganya dinilai masih wajar. 

Pihaknya memastikan untuk harga bawang putih yang saat ini berkisar Rp 45 ribu-Rp 50ribu per kg akan normal dalam pekan depan menjadi Rp 35ribu-Rp37,5 ribu per kg.

“Untuk harga daging ayam Rp 32ribu per kg itu masih wajar, karena pembeli masih bisa menawar harga tersebut. Harga bawang putih kami pastikan normal pekan depan, apalagi kita lihat di daerah lain harga bawang putih meroket tajam,” ujarnya.

Fajar memastikan harga komoditi bahan pangan di Kota Semarang dipastikan masih aman termasuk stok barang. Meski begitu, pihaknya akan terus menggelar operasi pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga.

“Kita ajak BPOM untuk operasi ini biar pembeli aman dan terlindungi. Selain itu jika ada barang kadaluarsa akan disita secara langsung,” imbuhnya.

Bagian Seksi Inspeksi BPOM Semarang, Suminto mengatakan, dari hasil pantauan belum ditemukan barang dagangan yang melanggar ketentuan seperti barang yang sudah kadaluarsa. Menurutnya, para pedagang sudah paham dan mengerti.

“Kita ke Pasar Waru dan relokasi Pasar Johar di area  MAJT, kita tidak menemukan produk pangan yang  dijual melanggar misalnya tanpa izin edar dan kadaluarsa. Kita tekankan  masyarakat agar jadi pembeli yang cerdas,” tandasnya. Ugl–st


Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Kemiskinan Kota Semarang dan Karakteristiknya

Claudir Marini Absen di Laga Perdana PSIS