60 Penyanyi dan Musisi Lintas Generasi Ramaikan Konser untuk Republik

Para pemain Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’. Film ini terpilih mewakili Indonesia pada The Academy Awards ke 92. Foto: by

JAKARTA (Jatengdaily.com)– Rasa prihatin atas perpecahan anak bangsa paska Pilpres dirasakan para penyanyi dan musisi lintas generasi. Karenanya, untuk menyatukan kembali persatuan anak bangsa tidak kurang 60 musisi dan penyanyi lintas generasi akan menggelar konser bertajuk Musik untuk Republik yang bakal digelar di Bumi Perkemahan Cibubur pada 18-20 Oktober 2019 mendatang.

Gagasan menggelar konser Musik Untuk Republik kemudian disampaikan kepada musisi yang dituakan yakni personil Godbless. Setelah mendapat respon dari Ahmad Albar, Ian Antono dan Donny Fatah maka konser yang dihelat gratis ini siap dilaksanakan.

“Kami para penyanyi dan musisi merasa ada keresahan karena polarisasi setelah pesta demokrasi kemarin. Keresahan sekarang udah merambah ke mana-mana, udah bawa etnis, ras dan agama. Berangkat dari kenyataan tersebut, kami merasa perlu menyatukan kembali. Kalau bukan musisi siapa lagi yang memberi contoh,” kata ketua pelaksana konser Musik untuk Republik, Rayden Sujono.

Sementara  Lilo ‘Kla’ mengatakan bahwa konser tersebut tanpa sponsor dan tidak dipungut biaya alias gratis. “Semoga ini bisa bergulir di seluruh provinsi Indonesia, tidak gampang memang bikin ini tapi kita juga berterima kasih kepada orang-orang yang sudah menyumbang ide dan materi,” kata Lilo.

Alasan kenapa panitia tidak mencari sponsor, karena takut ada modus. “Kenapa tidak ada sponsor? Karena untuk yang pertama ini kami tidak ingin dibilang ditunggangi,” tuturnya.

Konser itu akan menghadirkan lebih dari 70 musisi dari lintas genre di antaranya Godbless, Edane, Cokelat, Kikan Namara, Glenn Fredly, Iwa K, Inul Darastita, Iis Dahlia, NTRL, Jamrud, Slank, The Fly, /rif, Voodoo, Tony Q Rastafara, Java Jive, Kotak, Pas Band, Superglad, Sandhy Sondoro, Siksakubur, Mulan Jameela, Saint Loco dan lainnya.

“Kita bikin satu panggung besar saja, panggungnya hanya akan ada di situ. 60 performance hanya akan tampil di situ saja. Kami akan silih berganti dan pengaturannya kami akan mengatur flow-nya sedemikian rupa,” kata Ezra Simanjuntak selaku production director.

Tidak hanya pertunjukan musik, konser tersebut juga akan menghadirkan lokakarya serta area berkemah gratis selama acara berlangsung. By-she

Para musisi yang akan ramaikan Konser untuk Republik. Foto: By

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Terpilih Mewakili Indonesia pada The Academy Awards ke 92

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Akhirnya Film Kucumbu Tubuh Indahku besutan sutradara senior Garin Nugroho terpilih mewakili Indonesia di ajang Academy Awards ke 92 atau Piala Oscar 2020. Film tersebut  mewakili Indonesia di kategori International Feature Film atau dulu lebih dikenal sebagai Best Foreign Language Film. 

“Kami tim komite seleksi sepakat memilih Fiilm Kucumbu Tubuh Indahku, karena film garapan Garin paling komplit secara kualitas,” ujar Christine Hakim ketua Indonesian Academy Awards Selection Comitee 2019 saat jumpa pers di Jakarta.

Setelah memilih film untuk di kirim pada ajang Academy Awards, tim seleksi menyerahkan kelanjutannya kepada pihak produser, sutradara serta Pusbang Film selaku pemangku kebijakan pembinaan perfilman Indonesia.

Karena menurut Christine Hakim untuk mengirim film di ajang Academy Awwards membutuhkan biaya yang tidak sedikit. “Soal biaya, kami tengah menghitungnya secara cermat dan hati-hati. Karena kami menyadari dana yang akan diterima dari pemerintah lumayan minim. Makanya penghitungannya butuh kehati-hatian,” ujar H Firman Bintang Ketua Persatuan Produser Film Indonesia.

Pusat Pengembangan Perfilman Indonesia mencoba selalu mendukung pengiriman film Indonesia ke Ajang Piala Oscar, “Pusbang film selalu mendukung pengiriman film Indonesia ke Piala Oscar, tapi maaf kami belum bisa mengungkapkan berapa besar dana yang kami berikan kepada tim yang berangkat ke Piala Oscar, ” ujar Dewi Puspa Kasub Kasub Bidang Tenaga Perfilman.

Sementara penghargaan insan film dunia, Piala Oscar 2020 sendiri akan digelar di Dolby Theatre Hollywood Los Angeles, 9 Februari 2020. Dengan keputusan ini, ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ akan bersaing dengan ‘Parasite’ dari Korea Selatan dan ‘Weathering with You’ dari Jepang untuk menjadi nominasi kategori tersebut.

Christine Hakim menjelaskan bahwa adegan percintaan dalam film Kucumbu Tubuh Indahmu digambarkan tidak seperti biasa sebagaimana orang bercinta yang vulgar.

“Tapi Garin justru menggambarkan dengan idiom-idiom dalam budaya kita itu ada penari Lengger. Sekaligus ini perkenalkan kayanya budaya kita. Jadi ini yang kita lihat lengkap di samping pesannya yang kuat bicara tentang kemunafikan,” tandas Christine Hakim.

Tim Seleksi Christine Hakim (ketua) Lala Timothy (sekretaris), H. Firman Bintang, Benny Setiawan,  Lola Amaria,  Roy Kolang, Mathias Muchus, Reza Radian, Adisoerya Abdi Benny Benke. By-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here