Berkurban, SMA Negeri 1 Mijen Teladani Ketakwaan Nabi Ibrahim

Kepala SMA Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak NA Sobri didampingi Humas Rias Arimurti serta pengurus OSIS berfoto bersama sebelum penyembelihan hewan kurban. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Keikhlasan Nabi Ibrahim As mengkurbankan Ismail, petera solihnya semata karena ketakwaannya pada Allah SWT. Lewat semangat berkurban pula, diharapkan yumbuh empati dan jiwa sosial siswa-siswi SMA Negeri 1 Mijen.

Kepala SMA Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak NA Sobri menyampaikan, pembagian hewan qurban menjadi agenda setiap Idul Adha sejak kepemimpinannya pada 2016. Berbagi kesolihan sosial lewat berqurban tersebut dimaksudkan mengajarkan sekaligus menumbuhkan empati dan jiwa sosial anak didik.

“Target kami melatih anak-anak saling berbagi, juga agar peduli terhadap mereka yang tidak mampu. Sehingga meningkat iman dan ketaqwaannya. Sebagaimana Nabi Ibrahim As yang rela berqurban, dengan mempersembahkan putera terkasihnya kepada Allah SWT, karena taqwaannya kepada Sang Pencipta,” jelasnya, didampingi Humas SMA Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak Rias Arimurti KW, Rabu (14/8).

Disebutkan, ada empat hikmah dari berqurban. Pertama, bersyukur atas semua nikmat yang telah dilimpahkan Allah SWT. Sebab ketika umat mensyukuri nikmatNya, maka Allah SWT akan melipatgandakan nikmat yang telah diberikan.

Kedua, menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim As, bahwa meski anak sendiri namun rela mengurbankannya demi Allah SWT karena taqwanya. Karena itu berkurban dapat menjadi sarana untuk tidak terlalu mencintai dunia, sebab semua yang dimiliki sebenarnya hanya titipan Allah SWT.

Selain itu juga meneladani kesabaran Nabi Ibrahim As juga Ismail putera solihnya. Sebab melalui keikhlasan keduanya itu lah wujud ketaqwaan sebenarnya.

“Yang keempat, bahwa ibadah kurban lebih baik daripada sedekah dengan uang, yang senilai dengan hewan kurban. Sebab dalam hadist disebutkan, berapa pun nilai hewan kurban akan lebih baik dibandingkan sedekah uang. Karena mencakup keseluruhan,” imbuhnya.

Selain seekor sapi, pada perayaan Idul Adha Keluarga Besar SMA Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak disembelih pula tiga ekor kambing. Seekor atas nama koperasi sekolah, sementara dua ekor lainnya merupakan qurban kepala sekolah dalam rangka memotivasi segenap warga sekolah agar tak segan berbagi.

Sebagai sekolah adiwiyata, sebelum dibagikan kepada yang berhak, daging qurban dikemas dalam besek bambu beralas daun pisang. Penggunaan bahan ramah lingkungan itu dimaksudkan mengurangi sampah plastik, yang kini menjadi persoalan dunia terkait kerusakan lingkungan. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here