Hari Ini One Way dari Tol Kalikangkung, Semarang hingga Jakarta Diberlakukan

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Besok, Sabtu (8/5/2019) dan Minggu (9/5/2019), puncak arus balik akan terjadi. Oleh karenanya, pemerimtah melakukan antisipasi agar arus balik kendaraan bermotor pemudik yang menuju ke Kota Jakarta dan kota lainnya di Jabar dari arah Jateng dan Jatim, berjalan lancar tidak macet.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga Kepolisian telah menyiapkan sejumlah skenario untuk memperlancar arus balik, penerapan sistem satu arah menuju Jakarta hingga diskon tarif tol.

Ketua Posko Harian Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 Kemenhub Pandu Yuniyanto saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019) mengatakan, untuk mengantisipasi kepadatan, salah satu skenario yang disiapkan adalah one way mengarah ke Jakarta di Tol Trans Jawa. Penerapan one way itu dimulai pada Jumat (7/6) hari ini hingga Senin (10/6).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya berencana menerapkan one way dari Tol Kalikangkung, Semarang, hingga Jakarta. Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik Lebaran 2019.

Penerapan one way sendiri disebut akan memperhatikan kondisi di lapangan. Menurut Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, one way bakal diberlakukan mulai Jumat (7/6) pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB. Titik pergerakan dari KM 414 Kalikangkung hingga KM 70 Cikampek Utama,” kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri.

Refdi mengatakan pihaknya juga akan melakukan contraflow selepas Cikampek Utama mengarah ke Jakarta. Lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek juga akan mengalami penyesuaian.

“Nanti arus dari arah Jakarta kita akan keluarkan dari Karawang Barat KM 47, Karawang Timur KM 54 dan Dawuan KM 67. Agar mereka leluasa bergerak di pantura menuju Jateng dan seterusnya,” ucap Refdi.

One way rencananya diberlakukan mulai Jumat (7/6) hingga Senin (10/6) pukul 12.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Pihak Jasa Marga pun membuat skenario untuk memecah konsentrasi warga saat puncak arus balik. Salah satunya dengan memberi diskon tarif tol pada tanggal 10 hingga 12 Juni 2019.

”Untuk pemudik yang menggunakan akses jalan tol dapat menikmati diskon tarif tol sebesar 15% pada tanggal 10-12 Juni 2019,” kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6/2019). she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here