Creanovation Award Udinus Berinovasi diikuti siswa SMKA/SMK. Foto: ist

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Dengan adanya indusrti 4.0 sangat diperlukan kreativitas yang tinggi. Kreativitas anak muda saat ini perlu dikembangkan dengan baik, agar mampu membawa nama bangsa yang berkualitas baik. Hal tersebut mendorong Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro kembali mengadakan Creanovation Award 2019.

Lomba tingkat nasional yang mengangkat tema “Menyongsong Industri 4.0” diikuti oleh 180 peserta dari siswa SMA/SMK sederajat Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta hingga Sulawesi.

“Peserta yang mengikuti lomba Creanovation Awards 2019 merupakan tim yang beranggotakan tiga orang dengan beberapa kategori, yakni produk olahan makanan, teknologi tepat guna (hardware atau sofware), dan karsa cipta (model atau ide gagasan),” ujar ketua panitia Creanovation Awards 2019, Aries Jehan Tamamy MScEng.

Lomba tersebut memiliki beberapa tahapan mulai dari pendaftaran, pengiriman makalah, hingga seleksi. Banyak ide kreatif yang masuk kedalam lomba tersebut sehingga terpilih 20 tim dari SMA/SMK sederajat yang berhasil lolos dalam penjurian dan masuk ke dalam grand final yang telah diselenggarakan pada 24 April 2019.

“Kami menyelenggarakan ajang ini adalah selain mengasah kemampuan siswa, juga meningkatkan daya nalar dan kepekaan dalam mengidentifikasi permasalahan yang sedang hangat saat ini. Serta memberikan solusi bagi bangsa. Sekaligus untuk memperkenalkan Udinus sebagai kampus yang inovatif dan kreatif kepada mereka.” Papar Dekan Fakultas Teknik Udinus, Dr. Ir. Dian Retno Sawitri Mt.

Dian berharap agar para peserta mampu menghasilkan karya yang lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya dan mampu menyiapkan diri di dunia kerja.

“Setiap tahunnya banyak inovasi hasil kreativitas peserta yang sangat bagus. Dalam pembelajaran, tidak hanya teori yang perlu kita mengerti namun juga menyiapkan diri untuk masuk dunia kerja salah satunya dengan kegiatan kreatif dan inovatif. Di udinus sendiri salah satunya Fakultas Teknik telah banyak menghasilkan karya-karya yang inovatif.” Jelasnya.

Juara Juara 1 diperoleh oleh SMA Negeri 1 Lamongan dengan karya Pemanfaatan Surplus Produksi Ikan Mujahir Menjadi Serunding Ikan Mujahir Asap Kemasan sebagai komoditas Ekspor Asean. Juara 2 diperoleh oleh SMAN 1 Lamongan dengan karya Monster Lumpia. Juara 3 didapatkan oleh SMAN 1 Lamongan dengan karya pemanfaatan Ekstrak Jagung Merah, Edamame, Kacang Merah, dan Umbi Dahli Sebagai Susu Multinutrient dan Prebiotik Bebas Laktosa.

Sedangkan untuk Juara Harapan diperoleh oleh SMKN 1 Temamggung dengan karya Pemanfaatan Nangka Muda, Jamur Tiram dan Umbi Suweg Pada Mealog Nusantara Untuk Menyongsong Industri 4.0.

Kahumas Udinus, Agus Triyono SSos MSi mengungkapkan bahwa udinus selalu berusaha menjadi tempat untuk memfasilitasi tidak hanya mahasiswanya namun juga siswa yang aktif berinovasi guna membantu bangsa. “Saat ini persaingan industry di dunia sangat menantang, generasi muda harus mampu bersaing dengan negara lain. Dengan adanya kegiatan seperti ini merupakan langkah awal bagi mereka untuk membantu bangsa” tutupnya. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here