Diundang Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani, Pemkot Semarang-Pendik Jajaki Kerja Sama

KERJA SAMA : Walikota Semarang, Hendrar Prihadi didampingi pengasuh pondok pesantrean Az Zuhri Gus Luqman, Gus Abdullah Munif Ma’ruf, dan Kyai Mohammad Anshori Al Qadiri siap kerja sama dengan Ilhan Unsal selaku Walikota Pendik, Istanbul, Turki. Foto: Ist

SEMARANG (Jatengdaily.com)  – Salah satu ulama besar  Prof dr Sayyidu Syarif Muhammad Fadhil Al-Hasanaini Al-Jailani  yang kerap berkunjung ke Kota Semarang. Cucu dari Syekh Abdul Qadir Jailani yang dekat dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi tersebut, banyak terlibat kegiatan keagamaan di Kota Semarang.

Dalam Peringatan Maulid Nabi di Kota Semarang menjadi salah satu di antara berbagai kegiatan yang dihadirinya di Kota Lumpia ini.

Setelah itu, kini giliran Walikota Semarang, Hendrar Prihadi diundang untuk berkunjung ke kediaman Syekh Fadhil di Turki. Tidak sendiri, Walikota Semarang mengajak sejumlah ulama untuk turut serta dalam delegasi Kota Semarang, di antaranya Gus Luqman, Gus Abdullah Munif Ma’ruf, dan Kiai Mohammad Anshori Al Qadiri.

Secara khusus diharapkan kunjungan delegasi Kota Semarang tersebut dapat memperkuat tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan keluarga Syekh Abdul Qadir Jailani.

Tidak hanya itu, Syekh Fadhil selaku tuan rumah pada kesempatan tersebut juga mengatur pertemuan antara Hendi selaku Walikota Semarang, dengan Ilhan Unsal selaku Walikota Pendik, Istanbul, Turki.

Pertemuan tersebut dirasa penting untuk dilakukan, guna menghasilkan kerja sama yang lebih strategis antara Kota Semarang, Jawa Tengah dan Pendik, Istanbul, yang dilatarbelakangi banyaknya kesamaan kharakteristik antara Kota Pendik dengan Kota Semarang. Karenanya, Hendi ingin menjajaki peluang kerja sama yang dapat dilakukan dengan Kota Pendik.

Sejumlah bidang kerja sama pun dilirik Hendi untuk merealisasikan kerja sama antara Kota Semarang dan Pendik, Istanbul. Salah satunya pada bidang olah raga, di mana industri sepak bola Pendik, Istanbul dirasa sudah mencapai taraf internasional. Karenanya, Hendi berkeinginan agar PSIS dapat melakukan tanding uji coba melawan tim sepakbola  Instanbul.

“Istanbul memiliki klub-klub sepak bola yang sudah kondang, sebut saja Galatasaray, Fenerbahce, Besiktas. Jika kerja sama dengan Kota Pendik dalam olah raga berhasil terjalin dan diperluas, bukan tidak mungkin PSIS bisa bertanding dan belajar dari klub – klub tersebut,” ungkap Hendi.

Dikatakan, kerja sama dengan kota – kota luar memang kita upayakan ditingkatkan, agar kemudian dalam pengembangan Kota Semarang ada role model sebagai tolok ukurnya. Selain bidang olah raga, bidang lain yang rencananya akan dikerjasamakan oleh kedua kota tersebut adalah bidang pendidikan.

Selama ini Pemerintah Turki memberikan banyak bea siswa kepada pelajar Indonesia untuk dapat melanjutkan kuliah di Turki dan banyak pelajar Indonesia yang berada di Turki. Dengan kunjungan Hendi ke Turki Walikota Pendik menginginkan untuk memperkuat kerja sama antar kota.

Kerja sama Kota Semarang dengan Kota Pendik turut disambut baik oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, Toary Worang. Menurutnya, kerja sama tersebut sangat baik dan dirinya pun mendukung inisiasi Hendi untuk menjalin kerja sama antardua kota besar ini. Ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here