Festival Sawah Daya Tarik Kearifan Lokal di Mijen

Bermain di tengah sawah berlumpur memiliki daya tarik di era zaman yang serba digital. Foto: Ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) — Ribuan pengunjung memadati area Kampung Wisata Sawah di Jalan Duwet, Kecamatan Mijen. Mereka menyaksikan kegiatan Festival Sawah, Gunungan, dan Jajanan Pasar di objek wisata dengan nuansa pedesaan, Minggu (29/12/2019).

Kirab gunungan dimulai dari Lapangan Jatisari. Banyak makanan tradisional yang dikemas dalam gunungan, ada buah dan berbagai sayuran hasil bumi. Baris akhir yang ada di lapangan Kampung Sawah, isi gunungan menjadi sasaran untuk diperebutkan bagi pengunjung yang berdatangan.

Selain kirab gunungan, beberapa kegiatan juga dilaksanakan untuk meramaikan festival yang sudah menjadi tradisi yang digelar setiap tahun.

Acara festival juga dimeriahkan Fashion Show di tengah sawah, voli sawah, tarik tambang, pertunjukkan kuda lumping, lomba menangkap bebek, dan karapan kerbau.

Festival ini merupakan kegiatan yang bertemakan pedesaan. Kegiatan ini untuk melestarikan kearifan lokal di Kecamatan Mijen, pinggiran kota Semarang.

“Banyak budaya lokal disajikan seperti, kirab gunungan, karapan kerbau, dan lain – lain yang bernuansa pedesaan,” ujar Camat Mijen Moh Agus Junaidi.

Agus menambahkan, kearifan lokal kecamatan Mijen saat ini sudah saatnya untuk ditampilkan. Hal tersebut sebagai upaya melestarikannya di tengah perkembangan zaman yang serba maju dan diera digital.

“Kegiatan ini kami tampilkan di skala kota maupun Nasional agar kearifan lokal ini tidak tenggelam di tengah perkembangan zaman yang serba modern ini,” tambahnya.

Selain itu dengan adanya Festival Sawah tersebut, dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan perekonomian masyarakat sekitar wilayah kecamatan Mijen.

“Tentunya arahnya ke situ. Selain festival ini, nantinya diharapkan bisa untuk daya tarik bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun manca negara,” ucapnya.

Sebagai langkah lanjutan, Agus menerangkan, sejumlah festival lainnya telah dipersiapkan untuk menambah daya tarik wisatawan di kawasan Mijen.

‘Rencananya Festival Sawah ini akan berkelanjutan dan berkesinambungan serta akan kita buat beberapa kegiatan lagi seperti Festival Layangan, kicau burung dan lain-lain nya. Festival digelar di tengah sawah,” pungkasnya. Ugl-st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here